Pemurnian Garam Menggunakan Barium Klorida

Pemurnian garam bisa dilakukan menggunakan barium klorida. Fungsi barium klorida dalam hali ini untuk mengendapkan ion sulfat yang ada dalam garam. Ada beberapa alasan untuk memisahkan sisa ion sulfat dalam garam. Alasan pertama tentu berkaitan dengan pengujian kandungan sulfat dalam garam. Alasan berikutnya bisa bertujuan menaikkan kadar NaCl dalam garam.

Menaikkan kadar NaCl dengan memisahkan hampir semua ion sulfat umumnya digunakan pada proses pembuatan garam farmasi. Garam farmasi adalah garam yang memiliki kandungan NaCl di atas 99,7&, dimana persyaratan-persyaratan lain juga diperlukan.

Ion barium yang terlarut (Ba2+) ketika bertemu dengan ion sulfat (SO42-) bereaksi membentuk senyawa barium sulfat (BaSO4) yang tak larut. Kelarutan (solubility) dari senyawa ini sangat kecil …..

Namun meskipun kelarutan yang sangat kecil, namun untuk penggunaan sebagai garam farmasi, kristal NaCl harus terbebas dari kandungan barium. Oleh karena itu, penggunaan barium klorida harus diikuti oleh tindakan lain memisahkan sisa ion barium dari larutan Nacl.

Barium klorida adalah salah satu senyawa barium yang larut sempurna dalam air, sedangkan kebanyakan dari senyawa unsur kimia ini tak larut dalam air.

Reaksi antara barium klorida dan ion sulfat dalam garam ditulis sebagai berikut :

Ba2+  +  2 Cl  +  SO42-  + 2 Na+ ===>   BaSO4 (s) +  2 Na+ + 2 Cl

Dari reaksi di atas, ion barium dan ion sulfat yang bertemu membentuk senyawa padat yang tak larut. Kedudukan ion sulfat dalam larutan digantikan oleh ion klorida (Cl). Habisnya semua ion sulfat terjadi saat semua ion sulfat telah bereaksi dengan ion barium dalam larutan garam.

Dengan mengendapnya ion sulfat dalam senyawa BaSO4, maka salah satu dari tahap proses pemurnian garam telah dilalui.

Endapan yang terbentuk adalah senyawa barium sulfat, yang juga merupakan produk komersial yang banyak digunakan untuk penstabil lumpur dalam pengeboran minyak dan gas bumi.

Barium klorida umumnya diperoleh melalui proses industri. Ini disebabkan di alam senyawa kimia ini hampir tak ditemukan. Barium klorida dibuat menggunakan bahan baku barium sulfat, yang terlebih dahulu diproses menjadi barium sulfida (BaS) menggunakan reaksi antara karbon (C) dan barium sulfat pada suhu yang tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *