Berbagai Penggunaan Asam Format

Ada berbagai penggunaan asam format dalam berbagai jenis aplikasi. Penggunaan utama asam format adalah sebagai bahan pengawet dan anti bakteri dalam pakan ternak.

Di negara-negara sub-tropis zat ini diterapkan pada silase (termasuk jerami segar) untuk mempercepat fermentasi asam laktat dan menekan pembentukan asam butirat. Zat kimia ini juga memungkinkan proses fermentasi berlangsung dengan cepat, dan pada suhu rendah mampu mengurangi laju penurunan nilai gizi suatu makanan.

Asam format memperlambat proses pembusukan dan menyebabkan pakan mempertahankan nilai gizi lebih lama.

Oleh karena itu asam format banyak digunakan untuk mengawetkan pakan ternak pada musim dingin di negara sub-tropis.  

Dalam industri unggas zat ini ditambahkan dalam pakan untuk membunuh bakteri E. coli. Penggunaan sebagai pengawet untuk silase dan pakan ternak merupakan 30% dari konsumsi dunia.

Asam format secara signifikan digunakan dalam industri penyamakan kulit, yang mengkonsumsi hingga 23% kebutuhan asam format dunia. Asam format digunakan dalam pewarnaan dan finishing tekstil, yang mengkonsumsi sekitar 9% dari produksi asam format, dan koagulan (pengental) getah karet.

Asam format digunakan sebagai pengganti asam mineral untuk berbagai produk pembersih, seperti penghilang kerak kapur pada peralatan memasak, dan pembersih toilet. Beberapa ester format digunakan sebagai perasa dan bahan baku parfum.

Peternak lebah menggunakan asam format sebagai mitisida terhadap tungau trakea (Acarapis woodi) dan tungau perusak Varroa dan tungau Varroa jacobsoni.

Asam format bisa digunakan untuk pengobatan yang efektif terhadap penyakit kutil.

Asam format secara sistematika dinamai asam metanoik. Senyawa ini merupakan asam organik dalam gugus karboksilat yang memiliki rantai karbon paling pendek. Rumus kimianya adalah HCOOH atau HCO2H.

Senyawa ini merupakan perantara penting dalam sintesis kimia, dan ditemukan secara alami pada semut. Kata “formik” berasal dari kata Latin untuk semut, formika, merujuk pada isolasi awal dengan distilasi tubuh semut. Ester, garam, dan anion yang berasal dari asam format disebut format. Asam format secara industri diproduksi dari bahan baku metanol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *