Ada beberapa jenis bahan kimia yang bisa digunakan sebagai pembeku getah karet, salah satu yang terbaik adalah asam semut. Secara teknis nama senyawa kimia ini adalah asam format, atau asam formiat. Nama ini berasal dari satu jenis semut “formica” yang memancarkan cairan asam saat merasa terancam. Secara sistematika asam semut diberi nama asam metanoik (methanoic acid).

Karet berasal dari cairan getah yang diberi nama latex. Saat batang pohon karet di deres (dilukai), pohon karet melalui bagian yang luka mengeluarkan cairan putih lengket yang disebut getah karet. Biasanya para petani atau buruh deres karet melakukan penderesan di pagi hingga siang hari. Cairan getah yang mengalir ditampung pada mangkuk yang ditempelkan di batang pohon karet.

Persoalan Panen Karet di Musim Hujan

Aliran getah ini terus menetes dan ditampung pada mangkuk. Dalam kondisi normal, cairan getah karet akan menggumpal dalam waktu yang lama. Cairan getah sebelum menggumpal masih seperti santan yang agak kental dan sedikit lengket. Getah karet yang tertampung di mangkuk baru menggumpal pada sore hari.

Persoalannya adalah, jika antara waktu menderes dan waktu penggumpalan turun hujan. Hujan yang membawa air akan mengencerkan getah karet. Jika curah hujan tinggi, maka cairan getah di mangkuk pun akan terbuang mengalir ke luar.

Ini sebabnya hasil panen karet petani turun tajam di musim penghujan. Penurunan hasil panen disebabkan aktifitas penderesan menurun karena faktor hujan.

Untuk mengatasi hal ini, diperlukan larutan kimia yang bisa menggumpalkan cairan getah karet menjadi lebih cepat. Asam format sudah digunakan oleh petani karet dan perusahaan perkebunan karet sejak puluhan tahun yang lalu.

Namun penggunaan larutan asam semut (asam format) untuk pembeku getah karet menurun jika harga karet di pasaran melemah. Pekebun karet yang non intensif jarang yang menggunakan zat kimia ini. Faktor ini disebabkan produktifitas getah pohon yang rendah dalam tiap batang. Rendahnya produktifitas getah ini didorong oleh pola penanaman yang menggunakan bibit asalan.