Tersangka Ramyadjie Priambodo punya mesin ATM di kamarnya. Dari mana dia memperolehnya? Polisi harus mengusut tuntas kasus ini. Menurut pengakuan tersangka, mesin ATM dibeli dari seseorang. Artinya tersangka bukan pemain tunggal, karena penjualan mesin ATM harus melalui prosedur dan peraturan hukum yang berlaku.

Terbongkarnya penahanan tersangka kasus skimming ATM yang dilakukan oleh Ramyadjie Priambodo sebenarnya termasuk terlambat. Tersangka tertangkap tanggal 26 Februari, namun baru di ekspos tanggal 17 Maret 2019. Padahal dalam kasus yang sama, biasanya kepolisian cepat memberitakan ke media massa.

Kasus skimming ATM ini kecil kemungkinan dilakukan oleh tersangka sendiri. Paling tidak ada kemungkinan pihak lain juga terlibat, minimal dalam rangka penyediaan mesin ATM. Pada beberapa kasus pembobolan ATM secara paksa, komplotan pencuri menarik mesin ATM menggunakan derek dari mobil, yang dilakukan secara beramai-ramai.

Mesin ATM yang sering kita lihat terkesan sangat berat, sehingga mustahil bisa digotong oleh satu orang yang bernama Ramyadjie Primabodo. Penyidik melalui Kabid humas Polda Metro Jaya mengatakan bahwa pengambilan uang telah dilakukan puluhan kali dalam kurun waktu hampir 2 tahun. Artinya hampir setiap hari tersangka melakukan skimming dengan aman.

Mungkinkah ini dilakukan secara sendiri saja? Rasanya kecil kemungkinannya.

Penangkapan Ramyadjie Priambodo bukan kriminalisasi

Sejauh yang kita ikuti dalam berbagai pemberitaan media-media besar nasional, belum ada pihak yang menentang penangkapan ini. Seperti diketahui, tersangka adalah anggota Partai Gerindra, dan ini diakui melalui press rilis yang diumumkan beberapa jam sejak penangkapan tersiar oleh berita.

Kita berasumsi semoga kasus ini tak dipolitisir dengan istilah “kriminalisasi” yang sekarang sering di koar-koarkan.

Bagaimana Cara Masuknya Mesin ATM ke Rumah Ramyadjie Priambodo ?

Sepintas penglihatan kita, mesin ATM yang ada di berbagai tempat kayaknya sangat berat dan mustahil bisa diangkat oleh 1 orang. Dan sepanjang pemahaman awam, mesin ATM dibeli melalui perijinan khusus. Oleh karena ityu polisi harus mengungkap bagaimana mesin tersebut bisa masuk ke kamar tersangka.

Inilah Bukti Masih Tak Memungkinkan E-KTP digunakan secara multifungsi. Naas memang, dalam hari yang sama saat Sandiaga Uno pamer E-KTP sebagai kartu multifungsi , terbongkar kasus pencurian uang menggunakan ATM palsu.