Soda api adalah bahan kimia yang bersifat korosif dan reaktif.

Bahaya terpapar soda api memiliki efek dan tingkatan yang berbeda. Tingkat bahaya jika terkena zat kimia ini bergantung beberapa hal , diantaranya konsentrasi zat soda api yang mengenai kulit Anda.

Untuk lebih lengkapnya, bahaya terpapar soda api bisa menyebabkan hal-hal berikut ini :

– Soda api jika terkena kulit bisa menyebabkan melepuh dan luka.

Tingkat iritasi kulit dipengaruhi oleh konsentrasi soda api. Untuk soda api flake yang kering, sentuhan kulit hanya menghasilkan panas. Jika kulit kita basah, sentuhan dengan soda api flake (soda api kering) langsung menyebabkan iritasi dengan rasa seperti terbakar.

Baca juga : Petunjuk pemakaian soda api.

Untuk cairan soda api, makin pekat cairan tersebut, makin kuat tingkat iritasi terhadap kulit. Sebaliknya, makin encer cairan soda api yang terkena kulit, makin rendah tingkat iritasi. Disamping panas, kulit yang terkena soda api terasa gatal dan lengket. Jika dibasuh menggunakan air, bagian yang terkena akan terasa licin karena sisa-sisa soda masih menempel di kulit.

Bahaya terpapar soda api dijelaskan pada bagian berikut :

– Jika termakan, soda api menyebabkan mulut dan saluran pencernaan luka-luka.

Tingkat keparahan akibat termakan soda api tergantung pada tinggi rendahnya konsentrasi zat kimia ini.

– Jika terkena mata, pada konsentrasi soda api yang kuat bisa menyebabkan kebutaan.

Pada konsentrasi tinggi dan penanganan yang terlambat, kebutaan permanen bisa terjadi.

Ciri-ciri kulit terkena soda api sebagai berikut :

  • Kulit yang terkena soda api flake agak basah akan langsung terasa sangat panas, seperti terkena bakaran api.
  • Kulit yang terkena cairan soda api diawali oleh gatal-gatal dan lengket. Saat dibasuh, bagian yang terkena terasa licin.

Penanganan jika terpapar soda api.

Soda api adalah senyawa kimia yang bersifat basa kuat. Penanganan awal adalah dengan cara membasuh bagian yang terkena dengan air sebanyak-banyaknya. Setelah dibasuh air, bagian yang terkena bisa dibasuh menggunakan sabun.

Baca juga : Hindarkan soda api bersentuhan dengan alat-alat berikut.

Namun jika setelah disabun juga masih terasa licin dan gatal, segera gunakan perasan jeruk untuk menetralkan sisa basa di bagian yang terpapar zat kimia ini. Jika jeruk tak ditemukan, Anda bisa menggunakan buah-buahan yang bersifat asam, seperti belimbing dan mangga muda yang diblender.