Defenisi asam dalam kimia adalah suatu senyawa yang memiliki ion H+ sebagai bagian dari senyawa tersebut. Ion H+ adalah unsur kimia hidrogen yang mengalami oksidasi menjadi atom hidrogen yang bermuatan positif.

Umumnya senyawa kimia yang bersifat asam adalah senyawa ion, dimana saat dilarutkan senyawa ini terurai menjadi ion positif dan negatif, dimana ion positif diwakili oleh atom hidrogen.

Menurut defenisi Bronsted-Lowry, defenisi asam dan basa adalah kemampuan suatu senyawa untuk mendonasikan atau menerima proton (ion H+).

Dalam teori ini, asam didefinisikan sebagai donor proton; sedangkan basa didefinisikan sebagai akseptor proton. Senyawa yang bisa sekaligus bertindak sebagai asam dan basa disebut amfoterik.

Asam kuat adalah senyawa molekuler yang pada dasarnya terionisasi hingga sempurna dalam larutan air, terlepas menjadi ion H+ dan anion tambahan. Asam lemah adalah senyawa yang terionisasi tidak lengkap dalam larutan air. Asam dan basa yang berdisosiasi sempurna disebut asam kuat dan basa kuat.

Pada dasarnya defenisi asam dalam kimia tak berbeda dengan asam dalam pengertian awam, dimana larutan asam memang memiliki rasa yang asam di lidah. Misalnya asam jawa, asam jeruk, dan mangga yang rasanya asam. Rasa asam dari jeruk dan buah-buahan lainnya umumnya berasal dari asam sitrat (sitrun) dan asam askorbat (vitamin C).

Kekuatan asam dari senyawa-senyawa asam bergantung pada mudahnya senyawa tersebut terurai dan larut dalam pelarutnya. Asam yang sangat larut dan terurai menjadi kation dan anion memiliki sifat asam yang kuat. Senyawa asam dengan kelarutan rendah dan sulit terurai memiliki sifat asam yang lemah.

Misalnya asam klorida (HCl). Asam ini memiliki kelarutan yang sangat tinggi dalam air, dan semua terurai menjadi kation H+ dan anion Cl. Contoh asam lemah antara lain HCN. HCN larut dalam air, namun sebagian besar tak terurai menjadi ion H+ dan CN.

Asam-asam anorganik umumnya bersifat asam kuat, seperti asam sulfat, asam nitrat, asam perklorat, asam florida. Sedangkan asam-asam organik bersifat lemah. Asam-asam lemah antara lain HCN, HF, H2S, HCOOH.