Saringan adalah alat yang memisahkan partikel berdasarkan ukuran diameternya.

Jenis-jenis saringan (filter) umumnya disesuaikan dengan material yang akan disaring. Penyesuaian bahan saringan umumnya di dasarkan pada 2 kategori di bawah ini :

  1. Tingkat kekerasan dari partikel yang disaring. Partikel yang memiliki skala kekerasan tinggi disaring dengan filter yang memiliki kekerasan yang seimbang, dan kelenturan yang cukup baik.
  2. Sifat-sifat kimia dari partikel yang di saring.

Penggunaan saringan mesh harus disesuaikan dengan peruntukannya. Penyesuaian berdasarkan peruntukan ini berhubungan dengan kekuatan sebagai sifat fisika, dan kekuatan saringan terhadap bahan-bahan kimia.

Jenis-jenis saringan

Untuk saringan tepung-tepung yang memiliki tingkat kekerasan yang rendah serta memiliki berat jenis yang ringan, kita bisa menggunakan penyaring yang berasal dari bahan polimer.

Termasuk untuk penyablonan dan pencetakan yang menggunakan bahan kimia biasa, kita cukup menggunakan penyaring berbahan polimer.

Namun untuk material yang keras dan memiliki berat jenis tinggi (seperti tepung batu) kita harus menggunakan penyaring yang terbuat dari logam.

Saringan mesh logam ada yang dibuat dari aluminium, paduan aluminium, dan stainless stell.

Saringan yang berbahan stainless steel juga disesuaikan dengan kebutuhan. Saringan mesh yang terbuat dari stainless steel tipe 201 dan 202 memiliki kekuatan terhadap bahan kimia yang lebih rendah dari jaring mesh 304.

Saringan mesh stainless steel yang terbaik umumnya menggunakan tipe stainless steel 316 atau 316 L.

Saringan berbahan aluminium sangat mudah hancur jika menyaring lumpur-lumpur yang terkontaminasi dengan alkali hidroksida, misalnya cairan kotor yang mengandung soda api. Soda api bereaksi kuat dengan logam aluminium. Demikian juga cairan kotor yang mengandung asam klorida dan asam sulfat.

Saringan stainless steel kuat menyaring cairan kotor yang tercemar asam sulfat encer dan asam nitrat pekat ataupun encer. Namun saringan stainless steel jenis apapun tak cocok menyaring lumpur yang mengandung asam klorida (HCl).

Saringan minyak juga memiliki karakter fisik dan sifat kimia tertentu. Umumnya saringan untuk minyak memiliki bahan yang berbeda dari saringan air dan larutan.

Untuk pengertian ukuran mesh dan konversinya, Anda bisa klik disini.