Petunjuk pemakaian soda api perlu diketahui jika Anda ingin menggunakan senyawa kimia ini. Soda api (caustic soda) adalah senyawa kimia yang berbahaya jika terkena kulit dan mata Anda. Senyawa kimia ini juga berbahaya terhadap hewan peliharaan dan tanaman peliharaan Anda.

Oleh karena itu, untuk menggunakan senyawa kimia ini, Anda terlebih dahulu perlu mengetahui petunjuk pemakaian soda api yang tepat. Disamping bahayanya, soda api juga merupakan senyawa kimia yang sangat reaktif, sehingga diperlukan penanganan khusus saat penyimpanan, penggunaan wadah yang tepat, dan cara menetralkan zat kimia ini.

Petunjuk pemakaian soda api

Soda api yang dijual di pasaran umumnya berbentuk flake (serpihan tipis seperti emping). Untuk memakainya, Anda harus dilengkapi dengan peralatan-peralatan pengaman yang diperlukan. Soda api berbahaya terhadap kulit dan mata. Jika terkena kulit, bisa menyebabkan iritasi hebat yang mengelupaskan kulit.

Berikut beberapa tips petunjuk pemakaian soda api yang tepat :

1. Soda api harus selalu tertutup dari udara.

Saat Anda mengambil sebagian dari dalam plastiknya, segera tutup rapat sisa soda api yang belum dipakai.

2. Gunakan plastik sebagai medi penyimpan, dan harus tertutup rapat.

3. Gunakan kacamata sebagai pelindung mata dalam setiap pemakaian soda api.

4. Gunakan sarung tangan karet saat menggunakan bahan kimia ini.

5. Sebaiknya Anda mempersiapkan larutan penetral jika bagian-bagian tubuh terkena cairan dari soda api.

Kristal soda api yang terkena kulit + air atau keringat menyebabkan luka yang panas seperti api. Cairan soda api yang terkena kulit menyebabkan kulit menjadi licin dan lengket.

Untuk mengatasinya, langkah pertama adalah air sebagai penetral. Bilas bagian yang terkena dengan air sebanyak-banyaknya. Jika masih terasa licin, gunakan perasan jeruk nipis sebagai penetral.

Atau jika tak ada, Anda bisa menggunakan asam sitrat (sitrun) atau cairan minuman yang berasa jeruk. Bisa juga Anda menggunakan mangga muda untuk menetralkan soda api dari kulit yang terkena olehnya.

6. Jika soda api terkena mata, dapat menyebabkan kebutaan yang permanen.

Oleh karena itu perlindungan mata sangat diperlukan saat memakai zat kimia ini. Jika terkena percikannya, segera basuh mata dengan air tawar sebanyak-banyaknya. Setelah dibasuh, Anda bisa menggunakan perasan daun sirih yang diencerkan air untuk menetralkan bagian mata yang terkena.

7. Jika Anda ingin mencampur caustic soda dengan air, gunakan wadah yang terbuat dari plastik, dan lakukan penambahan air secara bertahap.

Jauhkan mata dan kulit saat pencampuran soda api dan air. Saat diberikan air, campuran soda api dan air bereaksi menghasilkan panas yang tinggi, menyebabkan air mendidih, dan ada kemungkinan muncratan cairan ke atas.

Hindarkan Soda Api Bersentuhan dengan alat-alat berikut

Sifat-sifat Soda Api