Puluhan Manfaat Soda Api / Caustic Soda

Ingin tahu puluhan manfaat soda api ?. Ingin tahu cara penggunaannya? Artikel ini menyajikan semua hal yang berhubungan dengan soda api. Soda api atau natrium hidroksida adalah senyawa kimia yang bersifat basa kuat dan memiliki ratusan penggunaan .

NaOH – Natrium Hidroksida / Sodium Hidroksida atau biasa disebut dengan istilah soda api / caustic soda adalah senyawa bersifat basa anorganik. Warna kristalnya putih terang agak transparan, dibuat dalam bentuk flake, pellet, atau granular. Bentuk cairnya tak memiliki warna (bening transparan).

Mengapa NaOH diberi nama soda api? Apakah bisa menghasilkan api?

NaOH merupakan senyawa kimia yang menyimpan panas akibat reaksi pembuatannya yang berasal dari garam (NaCl). Saat dibuat, larutan garam di elektrolisa menggunakan aliran listrik, yang menyebabkan reaksi pembentukannya digolongan sebagai reaksi eksoterm. Karena itu, soda api menyimpan panas, yang jika memungkinkan akan melepaskan panas tersebut pada benda atau zat yang bersentuhan dengannya.

Misalnya jika bersentuhan dengan kulit yang basah, soda api flake berusaha terionisasi sambil melepaskan panas pada kulit. Akibatnya kulit kita merasa terbakar seperti terkena sulutan api, dan menyebabkan iritas berat, dan bisa menyebabkan luka.

Soda api atau soda caustic / caustic soda banyak dijual di toko-toko bangunan (toko material).

Ada puluhan manfaat soda api bagi masyarakat dan industri, antara lain ; penghilang noda karat pada besi dan peralatan stainless steel, penghancur material yang menyebabkan saluran pembuangan limbah atau WC mampet.

Soda api / caustic soda larut dalam air, ethanol, dan methanol. Soda api mudah mencair pada udara terbuka, karena memiliki sifat yang sangat higroskopis (deliquescence) yang mampu menurunkan kelembaban udara, serta mengadsorbsi karbon dioksida (CO2) dari udara.

NaOH atau caustic soda digunakan secara luas di sektor industri dan rumah tangga. Manfaat soda api pada industri antara lain, NaOH digunakan sebagai bahan kimia basa untuk kebutuhan pembuatan bubur kertas dan kertas, tekstil, air minum.

Soda api juga digunakan untuk proses pembuatan air aquadest dan aquabidest, sabun, deterjen, industri pembuatan kaca. Industri metalurgi dan pengolahan hasil tambang mineral logam, percetakan, industri pengolahan rumput laut, dan sebagainya, merupakan pemakai soda api dalam jumlah besar.

Soda api digunakan untuk pemurnian alumina dari mineral bauksit. Industri aluminium seperti pabrik aluminum PT. Inalum banyak menggunakan soda api.

Selanjutnya, sifat-sifat kimia dan fisika soda api

Berbagai manfaat soda api

Reaksi kimia soda api

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *