Demineralisasi air menggunakan resin penukar ion adalah salah satu cara untuk memurnikan air, dengan cara menyerap semua ion-ion mineral dari dalam air ke dalam resin.

Untuk memurnikan air, dasar pemikiran kita adalah mengganti semua kation yang larut dalam air dengan kation hidrogen dari dalam resin. Demikian juga, kita pun harus mengganti semua anion dalam air (selain OH-) dengan anion OH dari dalam resin.

Dengan adanya pertukaran antara setiap kation dengan H+ dan setiap anion dengan OH, maka terjadi reaksi antara ion H+ dan OH di dalam air.

OH + H+ →  H2O

Dari reaksi kimia di atas, pergantian setiap kation dari air dengan kation H+ dan setiap anion dengan OH menyebabkan rterbentuknya molekul air (H2O) yang menggantikan senyawa yang sebelumnya larut dalam air.

Kerja Resin penukar ion untuk pemurnian Air

Air yang bening bukan merupakan jaminan bahwa air tersebut sudah murni, ataupun sudah layak minum. Beberapa ion logam berat yang terlarut dalam air tak memiliki warna alias bening. Misalnya ion timbal, merkuri, dan logam-logam lainnya.

Ion tembaga yang memiliki warna khas biru pun dalam konsentrasi rendah tidak menimbulkan warna pada air.
Pemurnian air memiliki berbagai tujuan akhir, antara lain :

  • Air dimurnikan untuk dijadikan air aquadest, yaitu air yang digunakan dalam proses-proses laboratorium.
  • Pemurnian air dari air limbah, untuk dijadikan air layak minum.
  • Air limbah pabrik yang akan dibuang atau disirkulasi, dimurnikan terlebih dahulu, agar persyaratan AMDAL bisa terpenuhi.
  • Air minum bebas mineral logam berat, dan air kaya oksigen.

Demineralisasi air menggunakan resin penukar ion tak sama dengan proses pelunakan air sadah. Pemurnian air adalah proses pemisahan pasangan ion terlarut (kation dan anion) dari molekul H2O dalam air, sehingga pada akhirnya dihasilkan air yang hanya mengandung molekul H2O.

Proses penghilangan kesadahan air dilakukan hanya menggunakan resin kation yang berisi ion Na+, yang akan menggantikan ion Mg2+ dan Ca2+ di dalam air. Sedangkan pemurnian air dilakukan menggunakan kombinasi resin kation dan resin anion yang dimuati oleh H+ dan OH.

Baca juga : Lanjutan demineralisasi air menggunakan resin penukar ion

Menghilangkan kesadahan menggunakan resin kation.

Cara Kerja Resin Penukar Ion