Ada banyak cara untuk mengetahui emas batangan palsu atau tidak. Juga ada banyak cara untuk menyamarkan kepalsuan dari emas batangan.

Cara mengetahui emas batangan palsu atau tidak, yang paling sederhana adalah dengan menggosoknya pakai tangan. Jika tangan hitam, emas batangan tersebut dipastikan palsu. Namun cara ini pasti gagal jika logam batangan tersebut dilapis atau disepuh menggunakan emas. 

Di bawah ini dijelaskan beberapa tips untuk mengetahui apakah emas batangan palsu atau asli.

Sejak lama banyak beredar emas batangan palsu di kalangan warga. Banyak diantaranya yang bisa membedakan atau curiga, namun banyak pula yang bisa tertipu.

Logam emas batangan palsu sebenarnya memang sengaja diproduksi oleh orang-orang tertentu, dengan tujuan penggunaan yang berbeda-beda. Tujuan penggunaan positif misalnya untuk property perfilman.  

Logam emas batangan palsu diproduksi menggunakan bahan baku logam kuningan bekas. Logam ini dilebur kembali, selanjutnya cairan logam kuningan dicetak persegi empat menggunakan cetakan yang sesuai. Fase selanjutnya logam batangan kuningan dihaluskan agar terlihat mengkilap.

Logam emas batangan palsu yang lebih canggih berasal dari batangan kuningan yang disepuh menggunakan cairan emas, misalnya menggunakan cairan disianoaurate. Disianoaurate adalah kristal dari senyawa kompleks emas sianida, yang banyak digunakan untuk penyepuhan perhiasan imitasi.

Karena banyaknya kasus penipuan menggunakan emas batangan palsu, maka bestekin.com menerbitkan artikel ini. Artikel ini bisa digunakan sebagai panduan bagi kalangan awam yang ditawari logam emas, atau pun kalangan praktisi yang sempat tertipu karena makin canggihnya teknik penipuan.

Logam emas yang beredar terdiri dari 2 jenis, yaitu :

  1. Emas perhiasan
  2. Emas batangan.

Emas perhiasan adalah logam emas yang telah dibuat menjadi perhiasan. Perhiasan emas umumnya bukan merupakan logam emas murni, namun sudah dicampur dengan logam perak dan tembaga. Pencampuran emas dengan logam perak dan tembaga bertujuan untuk memperkuat struktur fisik perhiasan.

Emas palsu yang digunakan untuk penipuan lebih sering beredar berupa batangan dibanding perhiasan. Emas palsu dibuat dengan berbagai merek, mulai dari merek luar negeri hingga batangan bergambar padi kapas dan Soekarno.

Cara Mengetahui Emas Batangan Palsu

Emas adalah unsur kimia logam dengan massa jenis 19,3 gr/cc. Massa jenis ini sama dengan 19,3 gr/cm3. Artinya, dalam suatu ruang dimensi 3 yang memiliki ukuran panjang x lebar x tinggi 1 cm x 1cm x 1 cm, logam emas murni memiliki berat jenis 19,3 gram.

Jika Anda menemukan logam emas batangan dengan tulisan 999 London atau logam batangan sejenisnya, langkah pengujian bisa dilakukan sebagai berikut :

– Ukur panjang x lebar x tebal suatu logam yang diperkirakan emas palsu tersebut.

Hasil perkalian panjang lebar dan tebal adalah volume atau isi. Misalnya panjang suatu logam 9 cm, lebarnya 6 cm, dan memiliki ketebalan 1 cm. Maka volume logam tersebut = 54 cm3.

– Selanjutnya timbang berat logam yang telah diukur dimensi volumenya.

Logam emas yang memiliki volume 54 cm3 harusnya memiliki berat = 54 x 19,3 gram = 1042,2 gram. Nilai ini lebih dari 1 kg.

Jika logam yang Anda timbang tak mencapai nilai berat logam emas murni, dapat dipastikan batangan logam tersebut merupakan batangan emas palsu.

Namun teknik penipuan menggunakan emas batangan sudah makin modern. Dalam beberapa kasus, batangan logam wolfram (W) atau tungsten yang memiliki massa jenis 19,25 gram/cm3 dilapisi logam emas di bagian luarnya.

Jika batangan ini ditimbang menggunakan timbangan yang kurang akurat, bisa saja Anda mengira batangan tersebut adalah logam emas murni. Padahal logam emas pada batangan tersebut hanya melapisi logam wolfram yang memiliki berat jenis mendekati berat jenis emas murni.

Untuk membuktikan kepalsuan batangan logam emas yang kemungkinan hanyalah logam wolfram yang dilapisi oleh emas pada bagian luarnya, Anda bisa baca di link berikut : Cara Mengetahui batangan Emas Palsu (bagian II)