Asam klorida (HCl) adalah senyawa kimia bersifat asam kuat, yang terdiri dari ikatan kimia antara atom hidrogen dan atom klorin. Asam klorida (HCl) adalah larutan dari gas hidrogen klorida (HCl). Ia adalah asam kuat, dan merupakan komponen utama dalam asam lambung. Senyawa ini digunakan secara luas dalam industri.

Asam klorida memiliki beberapa nama lain, antara lain hydrochloric acid, muriatic acid, hydrogen chloride atau hidrogen klorida. Dalam keseharian larutan asam ini sering disebut dengan ejaan Ha-se-el, yang dieja dari huruf HCl.

Cara Pembuatan HCl

Asam klorida umumnya dibuat dari larutan garam NaCl yang dielektrolisa. Elektrolisa NaCl menghasilkan larutan NaOH (soda api), gas Cl2 (gas klorin), dan gas H2 (gas hidrogen).  Gas Cl2 dan H2 selanjutnya disatukan untuk sintesa gas HCl. Sintesa gas HCl adalah reaksi eksotermik yang menghasilkan panas tinggi. Gas HCl yang terbentuk selanjutnya dimasukkan ke dalam air murni, dan larut sebagai larutan asam klorida.

HCl juga dihasilkan dari proses pembuatan senyawa sodium sulfat (Na2SO4). Sodium sulfat dibuat menggunakan bahan aram (NaCl) dan larutan asam sulfat pekat (H2SO4). Kristal garam bereaksi dengan larutan H2SO4, menghasilkan kristal Na2SO4 dan gas HCl. Selanjutnya gas HCl disuling dan masuk ke air tawar untuk menjadi larutan HCl.

Karena sifatnya dalam suhu normal berfase gas, maka larutan HCl pekat selalu mengeluarkan asap berupa gas HCl. Makin tinggi konsentrasinya, makin banyak asap yang keluar ketika larutan ini terbuka di udara bebas. Oleh karena itu larutan HCl komersil hanya tersedia dalam konsentrasi 32% dan maksimum 36%.

Asam klorida digunakan secara luas dalam ribuan aplikasi industri. Larutan ini umumnya digunakan sebagai prekursor (bahan baku) untuk pembuatan produk kimia baru. Misalnya untuk pembuatan senyawa PAC (poly aluminium chloride), PVC (poly vinil chloride), ferri chloride, dan ratusan jenis senyawa kimia lainnya.

HCl juga digunakan untuk pengerjaan baja dan proses demineralisasi air. Asam klorida juga banyak digunakan untuk proses metalurgi mineral.