Cara Membuat Perak dari Film Rontgen II merupakan lanjutan dari artikel “Cara Membuat Perak dari Film Rontgen”. Setelah proses perendaman film menggunakan cairan soda api, proses selanjutnya adalah sebagai berikut :

  1. Aduk lembaran plastik di dalam ember menggunakan pengaduk plastik atau kayu. Dalam proses ini Anda harus berhati-hati, karena sebagian dari cairan bisa saja terpercik ke kulit.
  2. Pindahkan plastik ke ember lain. Setelah pemindahan, ember pertama berisi cairan dan lumpur hitam.
  3. Biarkan cairan + lumpur hitam mengendap sempurna. Perkiraan pengendapan memakan waktu sekitar 6 – 12 jam.
  4. Masukkan air bersih ke dalam ember yang berisi plastik. Plastik yang sebelumnya dipindahkan sebagian masih mengandung lapisan hitam perak, yang harus dipisahkan menggunakan bantuan sikat. Untuk proses ini, Anda harus dilengkapi dengan sarung tangan karet dan kacamata pelindung. Sikat plastik satu per satu menggunakan sikat plastik yang memiliki gagang yang kokoh.
  5. Setelah lepas dari lapisan hitam, pisahkan plastik dari ember.
  6. Lakukan pengendapan selama sekitar 6 – 12 jam.

Setelah lumpur hitam mengendap sempurna, proses berikutnya adalah pemisahan lumpur dari cairan. Cairan pada ember pertama masih mengandung soda api yang bisa digunakan kembali.

Untuk pemisahan cairan, Anda harus menggunakan saringan kertas (kertas saring / kertas filter) sebagai penyaring sisa-sisa air. Air di bagian atas tak perlu di saring karena sudah bening.

Anda bisa memisahkan cairan menggunakan selang secara perlahan. Gunakan prinsip aliran kapiler dan grafitasi dalam proses penyelangan.

Sisa cairan + lumpur dari ember pertama digabung dengan sisa cairan + lumpur dari ember ke-2.

Untuk memisahkan cairan dari lumpur perak, ikuti cara berikut :

  1. Siapkan kertas saring lembaran ukuran 60 x 60 cm, Kertas jenis ini bisa Anda peroleh di toko-toko kimia.
  2. Gunakan keranjang plastik atau tudung saji plastik yang bundar sebagai wadah penahan kertas saring.
  3. Tempatkan kertas saring di atas ember.
  4. Isi kertas saring dengan lumpur + cairan dari ember. Pada proses ini, cairan bening akan menetes ke bagian bawah kertas saring, sedangkan lumpur hitam tertahan di atas kertas saring.
  5. Setelah semua lumpur masuk kertas dan cairan sudah habis, lakukan pembilasan lumpur menggunakan air tawar yang dicampur dengan cuka dapur atau perasan jeruk nipis. Cuka dapur atau perasan jeruk nipis berfungsi untuk menetralkan sisa-sisa soda api.
  6. Biarkan hingga lumpur dan kertas kering.

Setelah lumpur kering, proses selanjutnya adalah pembakaran kertas + lumpur. Kertas pada dasarnya adalah senyawa karbon, yang jika dipanaskan akan terbakar menjadi gas CO2. Demikian juga lumpur perak, yang mengadung polimer yang terbuat dari senyawa karbon.

Proses pembakaran dan melebur lumpur menjadi logam perak dibahas pada artikel berikut : “Cara Membuat Perak dari Film Rontgen III”.