Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel “Cara Membuat Perak dari Film Rontgen II”. Pada artikel sebelumnya, petikan paragraf terakhir berbunyi :

“Setelah lumpur kering, proses selanjutnya adalah pembakaran kertas + lumpur. Kertas pada dasarnya adalah senyawa karbon, yang jika dipanaskan akan terbakar menjadi gas CO2. Demikian juga lumpur perak, mengadung polimer yang terbuat dari senyawa karbon.”

Pada artikel ini proses lanjutan “Membuat Perak dari Film Rontgen” terdiri dari :

  1. Pembakaran lumpur perak di atas kaleng agar semua kertas saring dan polimer lumpur terbakar menjadi gas CO2.
  2. Peleburan debu perak menggunakan burner dan boraks, yang merupakan tahap akhir dari “Cara Membuat Perak dari Film Rontgen”.
1. Proses pembakaran lumpur perak + kertas.

Untuk membakar kertas + lumpur, kita bisa menggunakan kaleng bekas biskuit sebagai wadahnya. Lumpur beserta kertasnya dimasukkan ke dalam kaleng, dan kaleng ditaruh di atas api. Setelah kaleng panas dan memerah, kertas mulai terbakar, dan selanjutnya juga lumpur kering. Biarkan peroses ini hingga bara dari bekas lumpur habis terbakar. Dinginkan kaleng.

2. Peleburan debu perak menggunakan burner dan boraks.

Setelah kaleng dingin, lumpur perak di dalamnya telah berubah menjadi debu perak. Masukkan debu perak ke dalam kowi secara hati-hati. Setiap debu adalah logam perak. Gunakan kwas untuk menyapu sisa-sisa debu agar semua bisa masuk ke dalam kowi. Setelah semua debu perak masuk kowi, campur debu dengan tepung boraks (pijar), aduk secara merata.

blander las potong

Bakar kowi menggunakan burner gas atau blander potong yang menggunakan oksigen + gas elpiji. Lakukan dahulu pembakaran menggunakan api kecil. Saat boraks dan logam perak mulai mencair, api bisa diperbesar secara bertahap. Terus lanjutkan pembakaran hingga semua boraks mencair, dan titik-titik butiran logam perak cair menyatu satu sama lainnya.

Setelah semua cairan logam perak menyatu, matikan burner dan dinginkan kowi. Setelah kowi dingin, ambil logam perak menggunakan pinset stainless steel. Bilas dengan air. Jika masih tersisa kerak boraks pada logam perak, rendam logam perak dalam cairan soda api kental (soda api flake + sedikit air) selama 1 jam. Setelah perendaman, cuci logam perak menggunakan air tawar.

Dari proses ini, akhirnya Anda telah menghasilkan logam perak murni.