Cara Membuat Perak dari Film Rontgen tidak begitu sulit untuk dipraktekkan. Membuat perak dari klise rontgen adalah salah satu bisnis yang bisa menambah penghasilan.

Plastik film rontgen mengandung debu logam perak. Debu perak lah yang membuat suatu plastik rontgen berwarna hitam. Makin hitam plastik film rontgen, makin banyak kandungan perak dalam plastik tersebut.

Dari berbagai percobaan yang dilakukan oleh bestekin.com, kandungan perak rata-rata dalam film rontgen berkisar antara 0,6% – 0,8% dari berat plastik rontgen tersebut. Artinya setiap 1 kg plastik rontgen mengandung 6 – 8 gram logam perak. Harga logam perak saat ini dipasaran Rp 8.000 – Rp 9.000 per gram. Jika dihitung, hasil pengolahan perak dari plastik rontgen bisa menghasilkan Rp 64.000,- per kg plastik rontgen.

Jika Anda memiliki limbah plastik rontgen seberat 100 kg, maka perkiraan penghasilan dari pengolahan limbah plastik rontgen tersebut sebesar Rp 6.400.000,-. Nilai yang lumayan untuk pekerjaan sampingan.

Bagaimana cara membuat perak dari film rontgen?

Lapisan debu perak menempel di film rontgen, dan sulit dikikis menggunakan cara biasa. Debu perak menempel pada plastik menggunakan lapisan polimer yang sulit hancur dengan cara biasa. Untuk melunakkan lapisan ini, kita bisa menggunakan larutan soda api.

Soda api yang dijual di pasaran berupa flake, yang jika dicampur air akan larut sempurna. Untuk digunakan sebagai pelembut lapisan rontgen, kita bisa menggunakan larutan soda api yang dibuat dengan perbandingan 1 : 20, dimana 1 kg soda api berbanding 20 liter air tawar. Setelah diaduk beberapa saat, larutan soda api telah siap digunakan untuk pelunakan plastik film rontgen.

Media untuk larutan soda api + rontgen bisa menggunakan ember plastik yang sesuai dengan jumlah air dan banyaknya plastik yang akan di rendam.

Proses perendaman plastik rontgen dilakukan menurut instruksi di bawah ini :

  1. Masukkan air soda api ke dalam ember plastik.
  2. Masukkan plastik film rontgen satu per satu ke dalam ember.
  3. Pastikan semua lapisan plastik terbasahi oleh larutan soda api.
  4. Rendam selama sekitar 12 jam.

Setelah perendaman selama 12 jam, sebagian besar lapisan hitam yang menyelimuti plastik rontgen telah luntur, dengan lunturan yang mirip lendir berwarna hitam. Sebagian dari lapisan hitam sudah terpisah dengan sendirinya, namun sebagian lainnya memerlukan bantuan fisik.

Karena dalam proses ini Anda menggunakan soda api, yang berbahaya jika terkena kulit dan mata, maka penggunaanya harus secara hati-hati. Untuk cara penggunaan soda api, Anda bisa baca di artikel ini :  “Petunjuk Pemakaian Soda Api” dan “Bahaya Terpapar Soda Api”.

Proses berikutnya adalah pemisahan plastik dari lumpur hitam dalam artikel “Membuat Perak dari Film Rontgen II