Artikel kali ini kita membahas “Cara Mengetahui Emas Asli”. Pada artikel “Cara Mengetahui Emas batangan Palsu” dan “Cara Mengetahui Emas Batangan Palsu (2)”, bestekin.com menjelaskan bagaimana membedakan antara emas batangan asli dan emas batangan palsu.

Cara mengetahui emas asli atau palsu, bagaimana metodenya? Pada artikel ini kita hanya membahas tentang emas jenis perhiasan, yang banyak diantaranya terbuat dari emas palsu.

Kebanyakan perhiasan emas palsu digunakan para wanita untuk tampil gaya. Emas palsu sering diberi nama “emas imitasi”. Yang dimaksud emas imitasi adalah perhiasan yang dilapisi oleh logam emas, dimana bagian dalam dari perhiasan bukanlah logam emas.

Perhiasan emas umumnya bukanlah emas murni, melainkan campuran antara logam emas + perak + tembaga. Banyaknya kandungan logam emas dihitung sebagai “karat”. Jika perhiasan emas merupakan campuran antara logam emas dan perak, perhiasan emas kelihatan berwarna kuning pucat agak keputihan.

Jika perhiasan terbuat dari campuran logam emas + perak + tembaga, warna perhiasan yang baru terlihat seperti kuning emas, namun lama-kelamaan warna kuning memudar menuju semu merah.

Berbeda dengan perhiasan emas yang bercampur perak dan tembaga, perhiasan emas palsu hanya menggunakan lapisan tipis logam emas di bagian kulit dari perhiasan.

Karena lapisan luar dari perhiasan emas palsu terbuat dari logam emas murni, maka warna perhiasan imitasi cenderung sangat kuning, seperti warna logam emas murni. Atau mirip dengan warna logam emas 24 karat.

Sepanjang digunakan untuk penampilan, sebenarnya perhiasan emas palsu atau imitasi bukan menjadi persoalan. Namun jika ingin digunakan untuk penipuan, maka persoalan bisa merambah hukum pidana.

Bagaimana cara mengetahui emas asli atau palsu?

Bagi Anda yang belum ahli memang sulit membedakan antara perhiasan emas palsu dan perhiasan emas asli.

Berikut tips untuk mengetahui perhiasan asli atau palsu :

1. Berat dan warna perhiasan yang akan dibuktikan keasliannya.

Jika warna perhiasan cenderung seperti warna emas 24 karat, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mengira-ngira berat perhiasan tersebut. Logam emas murni memiliki berat jenis yang sangat tinggi, yaitu 19,3 gr/cc.

Berat jenis logam emas murni nyaris 2,5 kali lipat berat jenis logam tembaga, dan nyaris 3 kali lipat berat jenis logam kuningan. Jika perhiasan yang Anda rasakan ringan tapi besar, kemungkinan besar perhiasan tersebut palsu.

2. Surat pembelian emas bukan merupakan jaminan bahwa perhiasan tersebut asli.

Surat pembelian bisa dibuat di manapun, yang bisa sangat mirip dengan aslinya. Bukti surat pembelian hanya bisa dijadikan sebagai awal bukti dari asli atau tidaknya emas tersebut.

3. Pengujian menggunakan batu test emas.

Batu tes emas banyak dijual di toko-toko perhiasan dan perlengkapan pengolahan emas. Batu tes emas juga bisa Anda beli melalui toko online.

Batu tes emas harus dilengkapi dengan larutan HCl (asam klorida) dan HNO3 (asam nitrat) di dalam botol kecil, sebagai cairan penguji keaslian emas.

Perhiasan yang akan di uji keasliannya digosok dahulu ke batu, dan kikisannya menempel di batu uji emas. Lapisan emas tipis di batu selanjutnya Anda tetesi larutan HNO3.

Logam emas asli tak bereaksi dengan larutan asam nitrat. Campuran emas + perak bereaksi tapi lambat, membuat warna emas menjadi makin kuning. Campuran emas + perak + tembaga beraksi dengan warna air menjadi agak biru di batu. Selanjutnya Anda teteskan larutan HCl pada sisa lapisan emas di batu.

Penetesan HCl membuat terbentuknya air raja. Jika diteteskan HCl lapisan kuning langsung larut atau hilang, dapat dipastikan perhiasan tersebut palsu. Namun jika setelah diteteskan HCl waktu menghilangnya lapisan emas berlangsung lama, kemungkinan perhiasan tersebut terbuat dari emas asli.

Namun para penipu perhiasan emas pun sudah meningkatkan skill mereka. Perhiasan emas palsu yang disepuh dengan lapisan emas tebal tentu sulit dideteksi menggunakan batu uji emas.

Maka setelah pengujian keaslian emas menggunakan batu uji emas, Anda harus memastikan pengujian paling akurat, yaitu “pengujian emas timbang air”.