Sering membuat heboh dalam pemberitaan, batangan emas ditemukan di berbagai tempat. Asli kah emas tersebut?!

Cara Mengetahui Emas Batangan Asli atau palsu diawali pengukuran volume emas batangan. Yaitu mengalikan panjang x lebar x tebal. Hasilnya diperoleh volume dalam satuan cc atau desimeter kubik. Selanjutnya timbang, dan hasil timbangan dibagi dengan volume harus sama dengan 19,3. 

Emas batangan memiliki dimensi (ukuran) panjang x lebar x tinggi. Jika emas batangan yang ingin Anda ketahui asli atau palsu memiliki dimensi persegi 4 yang presisi, penentuan asli atau palsu menjadi sangat mudah. Emas batangan umumnya memiliki logo serta tulisan Gold 99,99 atau pure gold, dengan merek pabrik pembuatnya.

Langkah pertama cara mengetahui emas batangan asli adalah pengukuran volume batangan, yang selanjutnya dibagi dengan berat batangan emas tersebut.

Hasilnya, jika bukan menunjukkan angka 19,3, maka dipastikan emas batangan tersebut palsu.

Merek atau logo tak menjamin bahwa emas batangan tersebut adalah asli. Untuk batangan emas yang berbentuk persegi, pengukuran keaslian emas bisa dilakukan melalui perhitungan volume batangan yang dibagi dengan berat jenis logam emas murni.

Berat jenis logam emas murni adalah 19,3 gr/cc, atau 19,3 gr/cm3. Artinya dalam voume 1 cm3, logam emas murni memiliki berat 19,3 gram!

Sekarang Anda ukur terlebih dahulu volume batangan emas tersebut. Misalnya panjang dari batangan 8 cm, lebar 5 cm, dan tebal 1 cm. Maka volume dari logam yang diduga emas batangan = 8 x 5 x 1 = 40 cm3. Lantas volume ini Anda kalikan dengan 19,3. Diperoleh hasil 772 gram.

Jika batangan tersebut tertulis berat 1000 gram, maka batangan yang diduga emas tersebut dipastikan PALSU!

Ada juga emas batangan palsu yang di logamnya berat batangan tertulis sama dengan berat sesuai volumenya. Misalnya contoh di atas, pada lempengan emas tertulis angka 772 gram, sama seperti berat saat kita menghitung volumenya. Untuk kasus ini, Anda harus pastikan bahwa berat batangan emas tersebut sama persis dengan berat pada tulisannya. Jika tak sama, dapat dipastikan bahwa emas batangan tersebut PALSU!.

Alat ukur yang digunakan pada “Cara mengetahui emas batangan asli” metode ini haruslah presisi. Anda bisa menggunakan jangka sorong untuk mengukur panjang x lebar x tinggi. Untuk penimbangan berat, Anda harus menggunakan timbangan yang memiliki minimal dua angka di belakang koma.

Namun saat ini banyak batangan emas palsu yang diisi oleh logam wolfram (W) di dalamnya. Wolfram memiliki berat jenis 19,25 gr/cm3, nilai yang mendekati berat jenis emas. Lantas di luarnya dilapisi oleh logam emas, sehingga penimbangan berat jenis bisa mendekati nilai berat jenis emas asli.

Namun jika Anda menggunakan alat ukur yang lebih presisi, dipastikan berat jenis emas palsu tak mungkin bisa sama dengan 19,3.

Untuk cara mengetahui emas batangan asli yang “kemungkinan palsu” ini, Anda juga bisa membaca artikel “Cara Mengetahui Emas Batangan Palsu”.