Kampanye Jokowi di Solo, Perkiraan Massa yang Hadir

Kampanye Jokowi di Solo, perkiraan massa yang hadir mencapai 80.400 orang. Perkiraan ini didasarkan pada sebaran massa dalam luasan yang dihitung menggunakan pengukuran GPS dengan bantuan google map.

Massa yang hadir dalam kampanye Jokowi di Solo tersebar di dalam Taman Sriwedari dan Jalan Slamet Riyadi. Hasil perhitungan luas Taman Sriwedari yang bisa didiami massa mencapai 4,34 Hektar, dan luas Jalan Slamet Riyadi yang dipenuhi massa sekitar 3,70 hektar.

Gabungan luas keduanya menjadi 8,04 hektar, yang jika dijadikan dalam m2 menjadi 80.400 m2.

Sedangkan dari pengamatan dan pembagian rata-rata antara ruang penuh dan kosong, diperoleh angka 1 orang per m2.

Maka total jumlah massa yang mengunjungi kampanye Jokowi di Solo tersebut sebesar 80.400 orang.

Berikut video pengamatan kampanye Jokowi di bawah ini :

Adapun asal massa 90% berasal daroi kota Solo dan sekitarnya. Ini terlihat pada saat bubarnya massa pukul 5.30 sore, dimana massa bubar berjalan kaki masuk ke kampung-kampung di sekitar Taman Sriwedari.

Jumlah bus besar yang terpantau maksimum 5, jumlah kendaraan pickup 12, sisanya sepeda motor dengan plat lokal (AD).

Dapat disimpulkan bahwa kampanye Joko Widodo di Solo kali ini dihadiri oleh masyarakat setempat. Dari pengamatan sejak pukul 12 siang, tak ditemukan adanya konvoi kendaraan menuju lokasi kampanye.

Demikian juga pemantauan pada pukul 18.00-19.00, tak ditemukan adanya iring-iringan kendaraan menuju ke luar kota.

Dari pengamatan tim bestekin.com, terlihat adanya pembagian minuman mineral 500 ml gratis bagi peserta yang menginginkannya. Tidak ditemukan adanya pembagian makanan gratis dalam kampanye tersebut.

Dapat disimpulkan bahwa peserta kampanye Jokowi di Solo pada tanggal 9/04/2019 datang dengan kesadaran sendiri, dan mayoritas bukan berasal dari partai pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin.

Kampanye Akbar Prabowo Subianto di Solo

Hari ini Prabowo akan menutup kampanye di Solo, dengan judul Kampanye Akbar Prabowo di Solo. Bestekin.com berencana memantau untuk membandingkan jumlah massa, asal massa, dan apakah ada mobilisasi massa dari luar kota.

Prabowo berjanji akan memutihkan kota Solo pada hari ini (10/04/2019).  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *