Penular Virus Corona warga Depok dirawat di Malaysia Sejak 21 Februari. Kasus penderita virus corona Depok berawal dari interaksi dengan WN Jepang. Warga negara Jepang tersebut beberapa hari selanjutnya (21 Februari) dirawat di salah satu RS swasta di Malaysia, dan beberapa hari kemudian dinyatakan terkena virus corona oleh otoritas kesehatan Malaysia.

Sebelumnya, Malaysia melaporkan tiga kasus baru Covid-19. Salah satunya WN Jepang berusia 41 tahun yang bekerja di Malaysia. Ia sempat dikabarkan melakukan perjalanan ke Indonesia. WN Jepang inilah yang sebelumnya melakukan kontak dengan warga Depok yang positif terkena virus corona di Jakarta.

WN Jepang yang terinfeksi Corona tersebut merupakan kasus ke-24 yang terkonfirmasi positif di Malaysia. Ia sempat melakukan perjalanan ke Indonesia pada awal Februari lalu dan terkonfirmasi positif Covid-19 pada Jumat, 27 Februari 2020.

Direktur Jenderal Kesehatan Kementerian Kesehatan Malaysia Dr Noor Hisham Abdullah mengatakan saat ini WN Jepang tersebut tengah diisolasi.

“Dia sekarang dirawat di bangsal isolasi Rumah Sakit Kuala Lumpur,” kata Dr Noor, seperti diberikan Malaymail, Minggu, 1 Maret 2020.

Wanita Jepang berusia 41 tahun tersebut tercatat sebagai pasien suspek Corona ke 24 di Malaysia. Dan dia juga telah menulari 1 peserta perawat pelatihan di rumah sakit swasta tempat dia dirawat. Perawat tersebut menjadi pasien suspek corona ke-27 di Malaysia.

 “Dia diidentifikasi sebagai salah satu dari beberapa individu yang memiliki kontak dekat dengan seorang wanita Jepang berusia 41 tahun yang terinfeksi. Dia menangani kasus 24 (wanita WN Jepang) tanpa peralatan pelindung pribadi pada 21 Februari dan 22 Februari.

“Perawat tersebut dites positif pada 29 Februari dan telah dirawat di bangsal isolasi Rumah Sakit Kuala Lumpur untuk perawatan dan observasi lebih lanjut,” kata Dr. Noor Hisham.

Ada kemungkinan Realitas jumlah suspek corona di Indonesia lebih tinggi, karena WN Jepang penular virus corona warga Depok telah dirawat di Malaysia Sejak 21 Februari

Dari kronologi penularan di atas, ada kemungkinan orang yang tertular corona virus dari WN Jepang tersebut lebih dari 2 orang, karena warga Depok yang tertular kemungkinan mulai terinkubasi sejak tanggal 14 Februari 2020.