Apa Manfaat Air Minum pH Tinggi ? Air minum pH tinggi sudah menjadi tren saat ini, dimana istilah tren nya “air alkalin”. Air jenis ini juga sudah masuk ke super market dan pasar-pasar swalayan dalam kemasan yang baik. Namun adakah manfaat air minum pH tinggi bagi tubuh kita ?

Apa Air Minum pH tinggi?

Air minum pH tinggi adalah air yang memiliki kandungan ion hidroksil (OH) lebih tinggi dari ion H+ di dalamnya. Akibatnya pH air naik di atas 7. Ion-ion OH- yang berlebih umumnya berasal dari kation-kation logam dalam golongan alkali (misalnya natrium dan kalium) yang membentuk ion bebas Na+ dan K+ dalam air minum.

Cara mudah membuat air minum pH tinggi adalah menggunakan kristal soda api. Karena pada dasarnya pH tinggi pada air alkalin mengandung soda api dalam jumlah kecil yang larut dalam air.

Jadi untuk membuat air minum pH tinggi, Anda tak perlu harus membayar mahal. Asal Anda tahu komposisi campuran yang tepat, yaitu berkisar 75 ppm hingga 100 ppm. Nilai ppm ini bisa diukur menggunakan alat TDS meter (Total Dissolved Solid).

Apa Manfaat Air Minum pH Tinggi bagi tubuh ?

Di alam, selama jutaan tahun mayoritas air yang ditemukan memiliki pH = 7. Selain pH air netral, di alam juga ditemukan air bersifat asam. Sifat asam terjadi karena larutnya mineral-mineral seperti belerang atau sulfur.

Artinya, secara alami selama jutaan tahun mahluk hidup mengkonsumsi air yang memiliki pH netral (pH=7).

Tubuh manusia secara alami bersifat asam. Saluran pencernaan, mulai dari mulut hingga usus memiliki pH yang rendah (pH berkisar 1,5 – 2). pH rendah ini disebabkan saluran pencernaan membentuk larutan asam klorida (HCl) yang dibuat enzim yang bernama pepsin.

HCl dalam saluran pencernaan berfungsi untuk mencerna makanan, agar bisa diserap oleh usus halus.

Nah, jika Anda mengkonsumsi air minum pH tinggi, tentu air tersebut akan menetralisir pH saluran pencernaan. Akibatnya proses pencernaan makanan menjadi lambat, yang berpengaruh pada kesehatan tubuh.