Soda api adalah zat kimia andalan yang digunakan untuk mengatasi masalah WC mampet.

Cara Menggunakan Soda Api Untuk WC Mampet sangat mudah. Cara Menggunakan Soda Api Untuk WC Mampet sangat mudah. Tuangkan 50 gram kristal soda api ke lubang WC, lalu diamkan selama 20 menit, test dengan air.

Namun wc mampet bisa disebabkan oleh beberapa masalah, antara lain kotoran organik (misalnya dedaunan atau tinja yang keras). Kotoran organik yang mudah terurai bisa mencakup kotoran manusia, kotoran binatang peliharaan, kertas tisu, dan lemak.

Soda api hanya berfungsi untuk menghancurkan kotoran organik, untuk melancarkan kembali saluran pembuangan menuju septic tank.

Adapun kotoran yang bersifat sulit terurai (misalnya plastik atau pembalut wanita) tak mampu dibersihkan oleh soda api.

Karena soda api merupakan zat kimia yang sangat korosif dan berbahaya jika terkena kulit dan mata, maka hal terpenting dalam proses ini adalah segi pengamanan.

Karena sifatnya yang sangat suka air (deliquescence), maka soda api akan bereaksi  keras terhadap air. Saat dituangkan ke dalam air, terjadi kenaikan panas yang cepat (bahkan hingga mendidih) akibat penguraian kristal soda api menjadi larutan elektrolit natrium hidroksida.

Oleh karena itu Anda perlu mengetahui cara menggunakan soda api dengan tepat. Untuk petunjuk pemakaian soda api, klik disini : .

Cara Menggunakan Soda Api Untuk WC Mampet

  • Gunakan wadah cangkir plastik (jangan yang terbuat dari kaca) sebagai cangkir wadah soda api).
  • Pastikan mangkuk WC tidak tergenangi air jauh di atas batas ketinggian normal. Jika mangkuk WC terlalu penuh, tunggu hingga airnya surut dan kembali ke ketinggian yang semestinya.
  • Tuangkan 50 gram atau sekitar 1 cangkir soda api ke lubang WC menggunakan penyendok berbahan plastik. Anda tidak perlu menambahkan air karena air di dalam saluran sudah cukup untuk memancing reaksi soda api.
  • Diamkan soda api bereaksi dengan air selama sekitar 20 menit.
  • Tes apakah WC sudah terbebas dari penyumbat dengan menuangkan sejumlah air ke dalamnya.

Baca juga : “New normal menggunakan APLASENTA“.

Jika masalah masih terjadi, ulangi langkah 2-6 dengan lebih banyak soda api selama durasi yang lebih panjang. Meskipun demikian, Anda sebaiknya tidak menambahkan soda api berlebihan.

Baca juga : “APLASENTA, Alat Proteksi Virus Paling Aman“.

Bila WC masih tersumbat setelah Anda beberapa kali mencoba langkah-langkah di atas, Anda bisa menggunakan pompa kompresor. Namun jika sumbatan WC disebabkan karena masalah di septic tank, maka cara yang terbaik adalah segera hubungi jasa penyedot WC.