Harga Tiket Pesawat Turun Drastis akibat wabah virus corona yang menyerang seluruh dunia. Hasil pantauan dari beberapa aplikasi penjualan tiket online memperlihatkan betapa murahnya harga-harga tiket pesawat udara ke berbagai destinasi dalam negeri dan internasional.

Hasil pantauan dari situs traveloka.com tanggal 8/3/2020/, tiket pesawat Lion Air Jakarta-Bali Rp 533.100,- per 1 x perjalanan. Jurusan Jakarta-Medan dengan armada yang sama Rp 661.800,-. Jurusan Jakarta-Amsterdam (Belanda) menggunakan Turkish Airlines Rp 4.236.150,- pp (double trips).

Situs penjualan tiket online yang lain juga menampilkan harga yang murah dengan rute yang sama. Tiket pesawat Jakarta-Bali menggunakan armada Lion Air dijual seharga Rp 533.100,-. Jurusan Jakarta-Medan dengan armada yang sama seharga Rp 661.800,- per sekali jalan. Jurusan Jakarta-Amsterdam Rp 4.236.150 pp.

Harga tiket pesawat turun drastis ini baru terjadi setidaknya selama kurun waktu 6 tahun. Sedangkan harga tiket internasional benar-benar anjlok tajam, termurah sepanjang 23 tahun.

Harga tarif Hotel di Bali Turun Drastis

Tarif hotel di Bali terjun bebas jauh dibawah harga standarnya. Rata-rata tiap hotel menampilkan harga dikson mulai 10% hingga 70%. Penurunan harga ini bisa dilihat pada sirus-situs online penyedia tiket hotel seperti traveloka.com, tiket.com, dan trivago.

Turn tajamnya harga-harga tiket pesawat dan hotel ini menunjukkan menurunnya aktifitas perjalanan dan pariwisata nasional. Meskipun provider penerbangan dan hotel menurunkan harga jor-joran, namun terlihat belum mampu mendongkrak kenaikan penumpang pesawat udara dan pengunjung hotel.

Jika wabah virus corona berlangsung dalam jangka waktu yang lama, dikhawatirkan akan merontokkan bisnis perjalanan udara dan pariwisata Indonesia.

Hingga hari ini, jumlah korban akibat virus corona telah melampaui 100 ribu orang, dengan sebaran mencapai lebih dari 100 negara.

Fokus penyebaran dan penambahan jumlah korban virus corona saat ini tak hanya terjadi di China, namun telah muncul pusat-pusat baru. Seperti Italia, Iran, Perancis, dan Korea Selatan.