Masker adalah alat pelindung diri yang paling vital dalam menghambat penularan virus corona.

Cara Penggunaan Masker yang Tepat menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui, disaat wabah virus corona menyerang seluruh dunia. Bukti empiris memperlihatkan bahwa jumlah korban virus corona terus naik meskipun penggunaan masker pernafasan makin intensif dilakukan.

Tak hanya menyerang masyarakat biasa, namun virus corona juga menyerang tenaga-tenaga medis yang sudah menerapkan penggunaan masker secara tepat dan disiplin.

Akan tetapi masker sangat dibutuhkan untuk paling tidak menekan resiko tertular virus corona dan berbagai penyakit lainnya.

Masker memang menjadi salah satu sarana utama untuk menghalangi penularan virus atau bakteri ke dalam tubuh melalui mulut atau saluran pernapasan. Penggunaan masker juga disarankan guna mencegah penularan virus corona (Covid-19).

Namun, Badan Kesehatan Dunia (WHO) lebih menyarankan masker digunakan oleh mereka yang sedang sakit.

Virus corona dapat menular melalui cairan yang keluar saat seseorang bersin atau batuk. Namun virus corona juga terdeteksi pada kotoran manusia yang menderita penyakit ini.

Penggunaan masker untuk mencegah penularan akan lebih efisien jika dikenakan oleh pasien yang sedang sakit.

Cara penggunaan masker yang tepat juga harus memperhatikan kualitas produk masker yang akan digunakan, kerapatan pori-pori masker, dan beberapa aspek lainnya.

Dalam rangka pencegahan virus corona, WHO juga memberikan sejumlah saran terkait Cara penggunaan masker yang tepat, sebagai berikut:

1. Sebelum mengenakan masker, bersihkan tangan dengan alkohol atau mencucinya dengan sabun dan air.

2. Tutupi mulut dan hidung dengan masker. Pastikan tidak ada celah antara wajah dan masker.

3. Jangan menyentuh masker saat menggunakannya. Apabila terpaksa melakukannya, cuci tangan memakai sabun dan air atau bersihkan dengan.

4. Segera ganti masker dengan yang baru setelah lembab dan jangan gunakan kembali masker setelah dipakai.

5. Untuk melepas masker, lepaskan dari belakang (jangan sentuh bagian depan masker). Segera buang masker di tempat sampah tertutup. Kemudian bersihkan tangan dengan sabun dan air atau bersihkan memakai alkohol.

6. Setelah melepas masker atau setiap kali secara tidak sengaja menyentuh masker bekas, cucilah tangan dengan menggunakan sabun dan air atau gunakan alkohol untuk membersihkannya.

7. Buang masker sekali pakai setelah setiap kali digunakan dengan segera Apabila anda mengalami gejala masalah pernapasan, segera kenakan masker medis saat berada di tempat umum, seperti sarana transportasi publik.

Cara Penggunaan Masker yang Tepat sangat dianjurkan apabila anda berada di kawasan yang terdampak infeksi virus corona. Sementara apabila berada di ruang tertutup dan tidak memakai masker, tutup mulut dan hidung dengan memakai tisu saat batuk atau bersin. Setelah itu, segera buang tisu ke tempat sampah dan cuci tangan dengan sabun dan air.

Rekomendasi untuk Mencegah Infeksi Virus Corona Kementrian Kesehatan RI menyarankan masyarakat menjaga kesehatan, mencuci tangan dengan sabun, rajin berolahraga, cukup istirahat, serta mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang, untuk menghindari penularan virus corona.

Kementerian Kesehatan juga telah mengeluarkan buku Panduan Kesiapsiagaan menghadapi Novel Coronavirus atau COVID-19 (pdf) melalui lamannya. Selain informasi mengenai penyebab, gejala, penularan, dan pengobatannya, panduan tersebut juga menginformasikan sejumlah langkah untuk mencegah infeksi virus corona.

Berikut sejumlah langkah pencegahan yang direkomendasikan Kementerian Kesehatan RI:

1. Saran Kesehatan

-Membersihkan tangan secara rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata. Hal ini penting dilakukan, terlebih setelah memegang instalasi di sarana publik.

-Mencuci tangan dengan air dan sabun cair serta bilas setidaknya 20 detik. Cuci dengan air bening dan keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai. Cara lainnya dapat menggunakan alkohol 70-80% (sebaiknya berjenis methanol).

-Menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk menggunakan tisu, atau sisi dalam lengan atas. Tisu yang digunakan dibuang ke tempat sampah dan cuci tangan setelahnya dengan sabun dan air.

-Ketika memiliki gejala gangguan di saluran napas, gunakan masker dan segera berobat ke fasilitas layanan kesehatan.

2. Saran saat Melakukan Perjalanan

– Hindari kontak dengan hewan (baik hidup maupun mati).

-Hindari mengonsumsi produk hewan mentah atau setengah matang.

-Hindari mengunjungi pasar basah, peternakan atau pasar hewan. -Hindari kontak dekat dengan pasien yang memiliki gejala infeksi saluran napas.

-Patuhi petunjuk keamanan makanan dan aturan kebersihan.

-Jika merasa kesehatan terganggu ketika berada di daerah wabah, terutama demam atau batuk, gunakan masker dan cari fasilitas layanan kesehatan.

-Setelah kembali dari daerah terdampak wabah virus corona, segera konsultasi dengan dokter jika terdapat gejala demam atau gejala lain dan beritahu riwayat perjalanan Anda.