Categories
Kesehatan Kesehatan Tubuh Manusia Korban Virus Corona

Cara Membuat Sendiri Hand Sanitizer Standar WHO

Cara Membuat Sendiri Hand Sanitizer Standar WHO sangat mudah dipraktekkan. Bahan-bahan kimia yang digunakan juga tersedia bebas di pasaran.

Hand sanitizer mengalami kelangkaan akibat merebaknya kasus virus corona. Disamping langka, barang yang tersedia juga memiliki harga yang mahal.

Pada artikel ini, bestekin.com mengajarkan bagaimana membuat hand sanitizer sendiri, namun memiliki standar kesehatan yang sama dengan yang dipersyaratkan oleh WHO. Di artikel sebelumnya telah diajarkan beberapa cara pembuatan cairan desinfektan. (sumber) (sumber).

WHO telah membuat 2 formula hand sanitizer untuk diproduksi dan dipergunakan di berbagai negara. (sumber)

Faktor logistik, ekonomi, keselamatan, budaya, dan agama telah ikut dipertimbangkan dengan cermat oleh WHO sebelum merekomendasikan formula tersebut untuk digunakan di seluruh dunia.

Saat ini, handrubs berbasis alkohol adalah satu-satunya cara yang mudah dibuat untuk secara cepat dan efektif menonaktifkan beragam mikroorganisme dan virus yang berpotensi berbahaya di tangan.

WHO merekomendasikan handrubs berbasis alkohol berdasarkan faktor-faktor berikut:

1. Fakta nyata berbasis bukti dari aktivitas mikrobisida cepat-aksi dan spektrum luas dengan risiko minimal terhadap resistensi mikroba akibat penggunaan bahan kimia ini.

2. Mudah digunakan di daerah yang terbatas sumber daya atau terpencil dengan kurangnya akses ke bak cuci atau fasilitas lain untuk kebersihan tangan.

5. Meminimalkan risiko dari peristiwa buruk (saat ini pandemi COVID-19) karena peningkatan keselamatan yang terkait dengan penerimaan dan toleransi yang lebih baik daripada bahan kimia lain.

Pengaturan perawatan kesehatan yang menggunakan handrubs komersial harus mengikuti standar ASTM atau EN, dan diterima / ditoleransi dengan baik oleh petugas kesehatan (lihat juga Toolkit Implementasi yang tersedia di http: // www.who.int/gpsc/en/).

WHO merekomendasikan produksi lokal dari 2 formula berikut sebagai alternatif ketika produk komersial yang sesuai tidak tersedia atau terlalu mahal. Disarankan komposisi formulasi handrub berbasis alkohol untuk produksi lokal

Pilihan komponen untuk formulasi handrub yang direkomendasikan WHO memperhitungkan kendala biaya dan aktivitas mikrobisida. Dua formulasi berikut direkomendasikan untuk produksi lokal dengan maksimum 50 liter per lot, agar memastikan keamanan dalam produksi dan penyimpanan.

Formula I

Untuk menghasilkan produk yang memiliki konsentrasi akhir etanol 80% v / v, gliserol 1,45% v / v, hidrogen peroksida (H2O2) 0,125% v / v.

Cara Membuat Sendiri Hand Sanitizer Standar WHO+ Desinfektan I

Tuang ke dalam labu ukur (bisa juga menggunakan erlenmeyer atau beaker glass) berukuran 2000 ml:

  • Etanol yang memiliki konsentrasi 96%  sebanyak 833,3 ml
  • Larutan hidrogen peroksida (H2O2) konsentrasi 3% (dapat Anda peroleh di apotik atau toko kimia) sebanyak  41,7 ml
  • Gliserol konsentrasi 98% sebanyak 14,5 ml.
  • Tambahkan air suling (air destilasi) atau air yang telah direbus ke dalam erlenmeyer, hingga mencapai volume penuh 1000 ml (1 liter)

Formula II

Untuk menghasilkan produk yang memiliki konsentrasi akhir isopropil alkohol 75% v / v, gliserol 1,45% v / v, hidrogen peroksida 0,125% v / v:

Cara Pembuatan Formula Hand Sanitizer + Desinfektan I

Tuang ke dalam labu ukur 2000 ml:

  • Larutan isopropyl alkohol berkonsentrasi 99,8%, sebanyak 751,5 ml
  • Larutan hidrogen peroksida (H2O2) berkonsentrasi 3%, sebanyak 41,7 ml
  • Gliserol konsentrasi 98%, sebanyak 14,5 ml
  • Tambahkan ke dalam labu ukur air suling atau air hasil rebusan hingga volume total mencapai 1000 ml (1 liter)

Tujuan Penggunaan H2O2

Penggunaan konsentrasi rendah dari H2O2 yang dimasukkan dalam formula bertujuan untuk membantu menghilangkan spora yang terkontaminasi dalam larutan curah, dan bukan zat aktif untuk antiseptik tangan.

Tujuan Penambahan Gliserin

Gliserin / Gliserol ditambahkan ke formula sebagai humektan (pelembab kulit). Humektan atau emolien lain dapat digunakan untuk perawatan kulit, asalkan harganya terjangkau, tersedia secara lokal, bisa bercampur dalam air dan alkohol, tidak beracun, dan hipoalergenik. Gliserol dipilih karena aman dan relatif murah. Menurunkan persentase gliserol bisa dilakukan untuk mengurangi kelengketan handrub di tangan.

Penambahan Aditif lain Ke Dalam formula

Sangat disarankan agar tidak ada bahan selain yang ditentukan di atas untuk ditambahkan ke formula hand sanitizer.

Pewarna dapat dimasukkan untuk membedakan handrub dari cairan lain, asalkan zat tambahan tersebut aman dan kompatibel dengan komponen-komponen penting dari handrub. Namun zat H2O2 dalam handrubs mungkin cenderung memudarkan zat pewarna yang digunakan.

Penambahan wewangian tidak dianjurkan karena risiko reaksi alergi.

Keamanan dalam produksi

Dari 3 bahan kimia di atas (etanol, hidrogen peroksida, dan gliserol), etanol adalah bahan kimia yang yang harus ditangani dengan hati-hati. Zat kimia ini, dalam konsentrasi tinggi sangat mudah terbakar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *