Ada banyak sekali jenis penjernih udara (Air Purifier), namun tak semuanya bisa diandalkan untuk menangkal sebaran virus di udara.

Memilih pembersih udara terbaik perlu dicermati di tengah ancaman virus corona. Penularan virus corona lebih cepat terjadi melalui udara.

Pemilihan produk yang akan dibeli harus mempertimbangkan kemampuan suatu alat menyaring partikel padat yang berukuran di bawah 1000 nano meter.

Untuk memilih pembersih udara yang tepat, di bawah ini dijelaskan beberapa alat purifier dari berbagai merek yang terkenal.

Pembersih Udara merek Samsung

Pembersih udara merek Samsung menjamin mampu menyaring 99,97% partikel padat hingga berukuran 300 nm dari udara.

Front Air Inflow dengan mudah menarik udara dari luar. Sebuah Power Fan dengan cepat mendistribusikan udara bersih ke berbagai arah menggunakan 3 Way Air Flow-nya.

Produk Air Purifier Samsung sudah dilengkapi oleh HEPA Pro Filter yang bekerja secara efektif pada ruangan yang cukup luas.

Air purifier merek Samsung memiliki berbagai sensor yang mampu mendeteksi tingkat polusi dan meningkatkan kecepatan filter secara otomatis. Beberapa fitur juga terpasang di Samsung Air Purifier seperti LED Indicators, power button, fan speed, timer control, dan child locking.

LED Indicators berfungsi untuk menunjukkan kualitas udara di dalam ruangan. Indikator tersebut bisa dalam bentuk angka dan warna.

Air Purifier Merek SHARP

Sharp mengandalkan gabungan 2 teknologi dalam penyaringan udara. Penggunaan saringan yang rapat ditambah plasmacluster yang mampu menyaring mikroba hingga virus.

Sharp memiliki berbagai tipe produk, mulai dari penjernih udara untuk ukuran luas 0,3 m2, hingga penjernih udara berukuran 62 m2.

Sharp mengandalkan 2 metode dalam menyaring udara, yaitu :

Penggunaan filter untuk menyaring udara sirkulasi yang akan dihembuskan kembali. Filter ini juga digunakan oleh Air Purifier merek lain.

Menggunakan teknologi Plasmacluster. Plasmacluster pada dasarnya adalah generator ion, yang mengionisasi molekul air yang menempel padanya. 

Plasmacluster juga dipercaya mampu menghasilkan ion positif dan negatif yang sama seperti di alam.

Cara kerja plasmacluster pada Sharp dibagi menjadi 3 tahap :

Alat melepaskan ion negatif OH dan positif H+ bersama-sama udara yang melewati saringan. Ion OH dan H+ bersifat reaktif dan cenderung akan menetralkan menggunakan lawan jenisnya dari udara.

Ion OH- yang terlepas ke udara selanjutnya jika terkena mikroba dan virus, bereaksi menjadi air. Ion OH- akan merampas ion H+ dari protein mikroba dan virus, agar menjadi netral dalam bentuk molekul air (H2O).

Sama seperti OH-, ion H+ dari alat juga akan menyerang ion radikal yang mengandung OH- dari benda-benda yang dilalui, untuk membentuk senyawa air yang netral.

Air Purifier Merek Xiaomi

Xiaomi juga memproduksi alat penjernih udara yang mereka klaim sebagai High Performance Smart Air Purifier. Air purifier ini mampu membersihkan ruangan hingga seluas 406 m3/jam dengan jangkauan efektif seluas 48 m2.

Produk “Mi Air Purifier”  telah dibekali dengan aerodynamic principles yang mampu membersihkan polusi serta virus di udara. Mi Air Purifier Max, salah satu jenis air purifier Xiaomi, dilengkapi dengan dual-blower 4-duct, sehingga mampu membuat produk ini memompa udara bersih ke setiap sudut ruangan.

Mi Air Purifier juga dibekali dengan Triple-filter protection (3 lapis penyaringan) sehingga lebih efektif ketimbang air purifier biasa, karena mampu menyaring lebih dari 99% partikel kecil di udara.

Air Purifier Merek Honeywell

Air Purifier buatan Honeywell juga terkenal akan kualitasnya yang cukup baik. Honeywell mengklaim bahwa produk mereka berbeda dari air purifier buatan perusahaan lain.

Salah satu jenis Air Purifier yang dikeluarkan Honeywell adalah “HONEYWELL Air Purifier Air Touch HAC35M1101G Gold”.

Air Purifier “HONEYWELL Air Purifier Air Touch HAC35M1101G Gold” menggunakan penyaringan udara 3 lapis, dengan urutan :

  • Pre Filter
  • HEPA
  • HiSiv

Tipe ini beberapa keunggulan, antara lain :

  • Mampu membersihkan udara 300 m3 per jam, dengan cakupan luas area hingga 450 feet2.
  • Menggunakan 3 lapis penyaring membuat saringan menjadi lebih awet, dan dapat dipakai hingga 3000 jam.
  • Konsumsi daya yang rendah. Rata-rata daya yang digunakan antara 7,5 – 52 watt.

Air purifier Honeywell tepat digunakan untuk orang-orang yang mengidap alergi udara. Honeywell memproduksi Honeywell Air Touch untuk penggunaan di rumah, dan Honeywell Move Car Air Purifier untuk digunakan di mobil.

Air Purifier Merek Daikin

Daikin menjual 5 jenis Air Purifier.

Air Purifier Daikin dinilai tidak hanya menghilangkan bakteri dan menyegarkan udara, namun juga mampu menghilangkan bau.

Salah satu tipe yang akan di ulas di sini adalah tipe MC30VVM-H.

Tipe ini bisa digunakan pada ruangan seluas 21,5 m2.

Daikin pun sudah menggunakan filetr HEPA, yang mampu menyaring partikel padat berukuran 300 nm. Secara umum Air Purifier Daikin sudah memiliki penyaring bau, namun pada tipe MC30VVM-H tidak terpasang.

Tipe ini juga mampu membersihkan ruangan melalui tiga arah, agar proses penyaringan menjadi lebih cepat.

Dari 5 merek produsen “Air Purifier” di atas, mudah-mudahan Anda bisa memilih pembersih udara yang terbaik buat Anda.