Categories
Kesehatan Kesehatan Tubuh Manusia Kimia

Daftar Disinfektan Virus Corona yang Disetujui EPA

Daftar Disinfektan Virus Corona yang Disetujui EPA bisa Anda lihat pada tabel di bawah ini (sumber). US EPA adalah singkatan dari United States  Environmental Protection Agency. Ini adalah lembaga pemerintah Amerika Serikat yang mengurusi perlindungan terhadap lingkungan hidup.

Dalam rangka pemberantasan terhadap virus COVID-19, US EPA telah menerbitkan jenis-jenis disinfektan yang bisa digunakan untuk melawan penyebaran virus corona SARS-Cov2, atau yang lebih dikenal dengan nama COVID-19.

Merebaknya wabah COVID-19 di Indonesia menyebabkan beberapa jenis bahan kimia mengalami kenaikan harga yang jauh di luar kewajaran. Ini disebabkan lonjakan permintaan dan pengetahuan yang terbatas terhadap jenis-jenis disinfektan yang bisa digunakan untuk melawan virus corona.

Di bawah ini Anda bisa melihat daftar jenis disinfektan yang bisa membunuh virus corona, sekaligus aman bagi lingkungan.

Adapun daftar disinfektan yang di rilis oleh EPA terus di update dari waktu ke waktu.

Tabel 1. Daftar Disinfektan Virus Corona yang Disetujui EPA

No Nama Bahan Kimia Waktu Kontak Minimum
1. Kombinasi  H2O2 + peroksi asam asetat 10 menit
2. Hidrogen peroksida 1 menit
3. H2O2 + peroksi asam setat + octanoid acid 4 menit
4. Isopropanol 5 menit
5. Quaternary ammonium 5 menit
6. Sodium hipoklorit 1 menit
7. Ethanol (alkohol) 5 menit
8. Asam klorida (HCl) 10 menit
9. Asam perasetik (peracetic acid) 1 menit
10. Asam sitrat (sitrun) 5 menit
11. Phenolic 10 menit
12. Kombinasi perak sitrat + asam sitrat 1 menit
13. Sodium Chlorite 10 menit
14. Octanoic acid 2 menit.

Keterangan :

  • Penggunaan dalam praktek harus memperhatikan konsentrasi minimum dan maksimum yang boleh dipergunakan. Misalnya, untuk alkohol berjenis ethanol, konsentrasi minimum yang dibutuhkan adalah 20%, namun untuk membunuh virus corona dibutuhkan konsentrasi optimum antara 60%-80%. Artinya konsentrasi maksimum yang diperlukan untuk alkohol adalah 80%.
  • Waktu kontak minimum adalah waktu persentuhan antara benda yang dicurigai mengandung virus corona dan bahan kimia yang digunakan. Misalnya, untuk alkohol, saat digunakan sebagai disinfektan atau hand sanitizer harus kontak dengan kulit tangan minimum 5 menit, untuk memastikan 99,99% virus corona berhasil di non-aktifkan.

Tabel di atas memperlihatkan jenis-jenis bahan kimia yang bisa digunakan sebagai disinfektan untuk virus corona. Namun daftar di atas adalah daftar yang dibuat oleh pemerintah Amerika Serikat.

Masih ada beberapa jenis bahan-bahan kimia lain yang bisa digunakan untuk membasmi virus corona, namun belum dimasukkan ke dalam daftar. Sebab lain mungkin sifat bahan kimia yang tak masuk daftar EPA bersifat sangat korosif, mencemari lingkungan, bisa menyebabkan kanker, dan beberapa alasan lainnya.

Meskipun beberapa jenis disinfektan ampuh lain tak dimasukkan, misalnya formalin, namun formalin bisa digunakan sebagai disinfektan, tentunya harus melalui beberapa persyaratan keamanan yang ketat. Penggunaan formalin dibatasi karena bahan kimia ini diduga bisa menyebabkan kanker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *