Categories
Cara Membuat Berbagai Disinfektan Virus Corona Kesehatan Kesehatan Tubuh Manusia Korban Virus Corona Virus Corona COVID-19

Membuat Perak Sitrat Sebagai Disinfektan Virus Corona

Membuat Perak Sitrat Sebagai Disinfektan Virus Corona perlu dipelajari, mengingat makin mahalnya harga-harga disinfektan yang dikenal secara umum saat ini. Harga alkohol dan hidrogen peroksida mengalami kenaikan yang tajam hingga 10 kali lipat dari harga normalnya.

Ada banyak alternatif yang bahkan jauh lebih kuat dibanding alkohol dan peroksida, yang bisa digunakan sebagai disinfektan pembasmi virus corona.

Corona adalah jenis enveloped virus, yang memiliki lapisan lemak di permukaan luarnya. US EPA (United States  Environmental Protection Agency) telah menetapkan kombinasi antara senyawa kompleks perak sitrat dan asam sitrat sebagai salah satu dari jenis bahan kimia yang bisa digunakan sebagai disinfektan virus corona.

Sekilas Perak Sitrat

Pembentukan larutan kompleks sitrat perak / asam sitrat telah lama diselidiki. Meskipun perak sitrat sangat sedikit yang larut di dalam air, namun senyawa ini bisa dilarutkan dalam larutan asam sitrat.

Konsentrasi maksimum ion Ag + dalam larutan diperkirakan 23 hingga 25 g /L, jika konsentrasi asam sitrat yang digunakan setidaknya 4 mol / L atau lebih tinggi. Pelarutan perak sitrat dalam larutan asam sitrat dikaitkan dengan pembentukan kompleks perak sitrat dari formula umum [Ag3 (C6H5O7) n + 1] 3n−.

Larutan kompleks perak sitrat + asam sitrat telah menunjukkan aktivitas bakteriostatik dan bakterisida yang sangat kuat.

Sudah diketahui dengan baik bahwa perak dalam bentuk ionik atau senyawa kompleksnya lah yang aktif sebagai antimikroba. Sedangkan perak dalam bentuk logam, bahkan dalam apa yang disebut “nanoparticle”, tidak memiliki kemampuan anti mikroba.

Senyawa perak menarik digunakan sebagai disinfektan, karena pada kisaran konsentrasi yang berlaku, ion perak tidak menunjukkan toksisitas dan aktivitas karsinogenik terhadap tubuh manusia.

Perak sitrat adalah zat berwarna putih dengan kelarutan yang sangat terbatas dalam air. Di bawah kondisi fisikokimia normal, 1 bagian perak sitrat larut dalam 3500 bagian air, yang sesuai dengan 285 ppm ion Ag + dalam larutan.

Pemasukan larutan perak nitrat ke dalam larutan asam sitrat atau asam hidroksikarboksilat lainnya menghasilkan endapan.

Membuat Perak Sitrat Sebagai Disinfektan Virus Corona

Proses pembuatan Larutan Perak Sitrat

Larutan perak sitrat dibuat menggunakan larutan perak nitrat sebagai bahan baku. Tahap-tahap pembuatan sebagai berikut :

  1. Melarutkan logam perak murni menjadi larutan perak nitrat, atau langsung menggunakan perak nitrat standar farmasi sebagai bahan baku.
  2. Mereaksikan larutan perak nitrat dengan larutan asam sitrat (sitrun), untuk mendapatkan endapan perak sitrat.
  3. Menyaring perak sitrat agar terpisah dari larutan asam nitrat.
  4. Melarutkan perak sitrat dalam larutan asam sitrat.

4 tahap di atas dijelaskan melalui reaksi kimia berikut :

Menggunakan perak nitrat farmasi sebagai bahan baku, yang direaksikan dalam larutan asam sitrat.

3AgNO3 + H3C6H5O7⟷Ag3C6H5O7↓+3HNO3              (i)

Dimana : 

AgNO3 = perak nitrat

H3C6H5O7 = asam sitrat atau sitrun.

Berikutnya adalah menyaring endapan perak sitrat menggunakan kertas saring..

Selanjutnya mereaksikan endapan perak sitrat dalam asam sitrat, seperti reaksi kimia berikut ini :

Ag3C6H5O7↓  + 2 H3C6H5O7 →   3 AgH2C6H5O7       (ii)         

2 Ag3C6H5O7↓+ H3C6H5O7   →  3 Ag2HC6H5O7          (iii)

Dalam larutan asam sitrat, perak sitrat larut dalam 2 senyawa kompleks, yaitu senyawa kompleks AgH2C6H5O7 dalam reaksi (ii), dan senyawa kompleks Ag2HC6H5O7 pada reaksi (iii).

Pelarutan sempurna jika semua endapan perak sitrat (Ag3C6H5O7) yang berwarna putih telah larut semua dalam asam sitrat. Jika masih tersisa endapan, langkah yang Anda lakukan adalah penambahan asam sitrat ke dalam media pereaksi.

Larutan kompleks perak sitrat yang memiliki konsentrasi tinggi, dalam beberapa minggu, dapat berubah sebagia menjadi endapan baru senyawa perak sitrat Ag3C6H5O7 yang tak larut. Ini artinya, terjadi penurunan kelarutan perak sitrat di dalam larutan asam sitrat.

Agar ini tak terjadi, maka proses pelarutan perak sitrat dalam asam sitrat harus menggunakan larutan asam sitrat yang encer, dengan perkiraan ion perak yang larut maksimum 13 g/L.

Pengenceran Larutan Perak Sitrat + Asam Sitrat

Larutan kombinasi perak sitrat + asam sitrat adalah larutan kompleks perak sitrat yang berada di dalam larutan asam sitrat.

Pengenceran dilakukan agar penggunaan perak tak terlalu boros.

Larutan perak sitrat yang memiliki konsentrasi ion perak (Ag+) sekitar 100 ppm (100 grak perak per 1000 liter cairan) sudah mampu membunuh berbagai jenis mikroorganisme dan virus, termasuk di dalamnya virus corona SARS-Cov2 atau yang lebih dikenal COVID-19.

Kemampuan perak sitrat membunuh 99,99% virus corona sekitar 1 menit, yang setara dengan penggunaan sodium hipoklorit dan hidrogen peroksida, dan jauh lebih kuat dibanding alkohol.

Keekonomian Perak Sitrat sebagai Disinfektan Virus Corona

Ion perak dalam cairan disinfektan perak sitrat diperkirakan sekitar 100 gram dalam 1000 liter larutan. 100 gram perak saat ini memiliki harga sekitar Rp 900.000,-, dimana 1 gram logam perak dijual di pasaran seharga Rp 9.000,-.

Jika dibagi dalam sartuan liter, larutan kompleks perak sitrat menggunakan bahan baku logam perak seharga Rp 900,-, yang jauh lebih murah dibanding harga alkohol maupun senyawa kimia lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *