Categories
Kesehatan Kesehatan Tubuh Manusia Tips Perawatan Alat Rumah Tangga Virus Corona COVID-19

Pedoman Membersihkan dan Membasmi Virus Corona

Pedoman Membersihkan dan Membasmi Virus Corona di rumah tangga telah diterbitkan oleh US-CDC (United States Centers for Disease Control and Prevention). Pedoman ini juga berlaku dan tepat untuk diterapkan di negara kita.

Artikel ini sebagian besar berisi konten dari “Interim Recommendations for US Households with Suspected/Confirmed Coronavirus Disease 2019” yang berasal dari link ini.

Istilah “Disinfeksi” pada beberapa kalimat di bawah mengacu pada kata kerja “melakukan menggunakan cairan disinfektan”.

Latar Belakang Virus Corona

Ada banyak yang harus dipelajari tentang novel coronavirus yang menyebabkan penyakit coronavirus 2019 (COVID-19). Berdasarkan apa yang saat ini diketahui tentang novel coronavirus dan coronavirus dari strain yang berbeda (penyebab SARS dan MERS), umumnya spesies virus ini menyebar dari orang ke orang. Penyebaran paling sering terjadi pada jarak dekat, sekitar 6 kaki atau kurang dari 2 meter. Jenis penularan ini terjadi melalui kontak pernapasan.

Dengan kata lain, penularan coronavirus dari benda-benda atau permukaan lantai yang terkontaminasi virus kepada manusia belum didokumentasikan secara utuh.

Namun bukti terbaru menunjukkan bahwa coronavirus dapat bertahan selama berjam-jam pada permukaan yang terbuat dari berbagai bahan. Pembersihan permukaan yang tampak kotor diikuti oleh pembasmian kuman dan virus adalah tindakan praktik terbaik untuk pencegahan COVID-19 dan penyakit virus pernapasan lainnya, di rumah tangga dan masyarakat.

Tujuan Pedoman Membersihkan dan Membasmi Virus Corona di Pemukiman

Panduan ini berisi rekomendasi tentang pembersihan dan disinfeksi rumah tangga di mana orang yang sedang diselidiki (suspek corona), atau mereka yang memiliki COVID-19 yang dikonfirmasi tinggal atau mungkin berada dalam isolasi sendiri.

Ini bertujuan untuk membatasi kelangsungan hidup virus di lingkungan tempat tinggal.

Pedoman ini difokuskan pada pengaturan rumah tangga dan dimaksudkan untuk digunakan oleh masyarakat umum.

Pembersihan mengacu pada pemisahan kuman dan kotoran dari permukaan benda dan permukaan lantai atau dinding. Membersihkan tidak bertujuan membunuh kuman, tetapi dengan menghilangkannya, akan menurunkan jumlah dan risiko penyebaran infeksi.

Disinfeksi mengacu pada penggunaan bahan kimia disinfektan, yang bertujuan membunuh kuman di permukaan benda atau ruangan. Proses ini tidak bertujuan membersihkan permukaan yang kotor atau membuang kuman. Tetapi proses disinfeksi menggunakan disinfektan dengan membunuh kuman di permukaan setelah dibersihkan, dapat semakin menurunkan risiko penyebaran infeksi.

Rekomendasi Umum untuk Pembersihan Rutin dan Disinfeksi Rumah Tangga

Anggota masyarakat dapat melakukan pembersihan rutin permukaan yang sering disentuh (misalnya: meja, gagang pintu, sakelar, pegangan, meja, toilet, keran, bak cuci) dengan pembersih rumah tangga dan desinfektan yang sesuai untuk permukaan tersebut. Untuk penggunaan disinfektan, Anda harus mengikuti instruksi label, atau mencari tahu cara penggunaan cairan disinfektan yang akan digunakan.

Label berisi instruksi untuk penggunaan yang aman dan efektif dari produk pembersih, termasuk tindakan pencegahan yang harus Anda ambil saat menggunakan produk. Misalnya harus mengenakan sarung tangan dan memastikan Anda memiliki ventilasi yang baik selama penggunaan produk.

Rekomendasi Umum untuk Pedoman Membersihkan dan Membasmi Virus Corona Rumah Tangga dengan Orang-Orang yang Terisolasi dalam Perawatan di Rumah (mis. Diduga / Dikonfirmasi memiliki COVID-19)

  • Anggota rumah tangga harus mendidik diri mereka sendiri tentang gejala COVID-19 dan mencegah penyebaran COVID-19 di rumah.
  • Bersihkan dan desinfeksi permukaan yang sering disentuh setiap hari di area umum rumah tangga (mis. Meja, kursi bersandaran keras, gagang pintu, sakelar lampu, remote, gagang, meja, toilet, wastafel)
  • Di kamar tidur / kamar mandi yang digunakan untuk orang sakit: pertimbangkan mengurangi frekuensi pembersihan sesuai kebutuhan (mis., Benda dan permukaan yang kotor) untuk menghindari kontak yang tidak perlu dengan orang yang sakit.
  • Sebisa mungkin, orang yang sakit harus tinggal di ruangan khusus dan jauh dari orang lain di rumah mereka, mengikuti panduan perawatan di rumah.
  • Pengasuh dapat menyediakan persediaan pembersih pribadi untuk kamar dan kamar mandi orang yang sakit. Persediaan ini termasuk tisu, handuk kertas, pembersih, dan desinfektan.
  • Jika kamar mandi terpisah tidak tersedia, kamar mandi harus dibersihkan dan didesinfeksi setelah digunakan oleh orang yang sakit. Jika ini tidak memungkinkan, pengasuh harus menunggu setelah digunakan oleh orang yang sakit, untuk membersihkan dan mendisinfeksi permukaan yang memiliki frekwensi sentuhan tinggi.
  • Anggota rumah tangga harus mengikuti panduan perawatan di rumah ketika berinteraksi dengan orang-orang yang dicurigai / dikonfirmasi COVID-19 dan kamar / kamar mandi isolasi mereka.

Cara membersihkan dan mendisinfeksi:

Permukaan

  • Kenakan sarung tangan sekali pakai saat membersihkan dan mendisinfeksi permukaan. Sarung tangan harus dibuang setelah setiap pembersihan. Jika Anda menggunakan sarung tangan yang bisa dipakai ulang, sarung tangan tersebut harus digunakan hanya untuk membersihkan dan mendesinfeksi permukaan yang dicurigai tercemar COVID-19.  Artinya sarung tangan jangan digunakan untuk kepentingan lain. Konsultasikan instruksi pabrik untuk membersihkan dan mendesinfeksi produk yang digunakan. Bersihkan tangan segera setelah sarung tangan dilepas.
  • Jika permukaannya yang akan didisinfeksi kotor, mereka harus dibersihkan terlebih dahulu menggunakan deterjen atau sabun dan air, sebelum dilakukannya desinfeksi.
  • Untuk desinfeksi, larutan pemutih rumah tangga yang diencerkan (sodium hipoklorit atau hidrogen peroksida), larutan alkohol yang setidaknya memiliki konsentrasi 70%. Atau menggunakan beberapa jenis bahan kimia disinfektan rumah tangga yang terdaftar di EPA.
  • Larutan pemutih rumah tangga encer dapat digunakan jika sesuai untuk permukaan. Ikuti instruksi pabrik untuk aplikasi dan ventilasi yang tepat. Periksa untuk memastikan produk tidak melewati tanggal kedaluwarsa. Jangan sekali-kali mencampur pemutih rumah tangga dengan amonia atau pembersih lainnya. Pemutih rumah tangga yang tidak kadaluwarsa akan efektif melawan virus corona bila diencerkan dengan benar.
  • Siapkan larutan pemutih dengan mencampurkan: 5 sendok makan (1/3 gelas) pemutih per galon air, atau 4 sendok teh pemutih per liter air
  • Ikuti instruksi pabrik untuk semua produk pembersih dan desinfeksi (mis., Konsentrasi, metode aplikasi, dan lamanya waktu kontak, dll.).
  • Untuk permukaan lunak (keropos) seperti lantai berkarpet, permadani, dan gorden, singkirkan kontaminasi yang terlihat mata jika ada, dan bersihkan dengan pembersih yang sesuai untuk permukaan ini. Setelah dibersihkan, cuci barang sesuai dengan instruksi pabrikan. Jika memungkinkan, cucilah benda-benda dengan menggunakan pengaturan air yang paling hangat dan tepat untuk barang-barang tersebut dan keringkan sepenuhnya.

Pakaian, handuk, linen, dan barang-barang lain yang masuk binatu

Pakailah sarung tangan sekali pakai saat menangani cucian kotor dari orang yang sakit dan kemudian buang (sarung tangan) setelah digunakan. Jika menggunakan sarung tangan yang dapat digunakan kembali, sarung tangan tersebut harus didedikasikan untuk membersihkan dan mendesinfeksi permukaan COVID-19 dan tidak boleh digunakan untuk keperluan rumah tangga lainnya. Bersihkan tangan segera setelah sarung tangan dilepas.

Jika tidak ada sarung tangan yang digunakan saat menangani cucian kotor, pastikan untuk mencuci dan mendisinfeksi tangan sesudahnya.

Jika memungkinkan, jangan kocok cucian kotor. Ini akan meminimalkan kemungkinan penyebaran virus melalui udara.

Mencuci barang sesuai dengan instruksi pabrikan. Jika memungkinkan, cucilah benda-benda dengan menggunakan pengaturan air yang paling hangat dan tepat untuk barang-barang tersebut dan keringkan sepenuhnya.

Kebersihan tangan dan tindakan pencegahan lainnya

  • Anggota rumah tangga harus sering membersihkan tangan, termasuk segera setelah melepas sarung tangan dan setelah kontak dengan orang yang sakit, dengan mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Jika sabun dan air tidak tersedia dan tangan tidak tampak kotor, pembersih tangan berbasis alkohol yang mengandung setidaknya 60% alkohol dapat digunakan. Namun, jika tangan tampak kotor, selalu cuci tangan dengan sabun dan air.
  • Anggota rumah tangga harus mengikuti tindakan pencegahan normal saat bekerja dan di rumah termasuk kebersihan tangan yang direkomendasikan dan menghindari sentuhan mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang tidak dicuci.

Mencuci tangan dengan disinfektan juga harus Andas lakukan setelah :

  • Setelah menyentuh hidung, batuk, atau bersin
  • Setelah menggunakan kamar kecil
  • Sebelum makan atau saat menyiapkan makanan
  • Setelah kontak dengan hewan atau hewan peliharaan
  • Sebelum dan sesudah memberikan perawatan rutin untuk orang lain yang membutuhkan bantuan (mis. Seorang anak)

Pertimbangan lainnya

Orang yang sakit harus makan / diberi makan di kamar mereka jika memungkinkan. Barang-barang layanan makanan non-sekali pakai yang digunakan harus ditangani dengan sarung tangan dan dicuci dengan air panas atau dalam mesin cuci piring. Bersihkan tangan setelah memegang item layanan makanan bekas.

Jika mungkin, persembahkan tempat sampah berjajar untuk orang sakit. Gunakan sarung tangan saat mengeluarkan kantong sampah, penanganan, dan pembuangan sampah. Cuci tangan setelah memegang atau membuang sampah.

Pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan departemen kesehatan setempat tentang pedoman pembuangan sampah jika tersedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *