Kemaren terjadi fenomena cacing keluar dari dalam tanah di Solo, dan diberitakan hal yang sama juga terjadi di Klaten. Fenomena apa ini?

Penjelasan Fenomena Cacing Tanah Keluar di Solo.

Cacing keluar dari dalam tanah disebabkan oleh adanya getaran seismik di bawah 500 Hz di wilayah tersebut. Getaran ini bisa disebabkan oleh pola hujan yang menyebabkan terbentuknya frekwensi suara di dalam tanah setempat, atau juga bisa diciptakan melalui gesekan antara kayu yang menancap dan logam panjang di sekitar area tersebut.

Fenomena ini sebenarnya tidak aneh di beberapa negara lain. Khusus di Amerika Serikat bagian tenggara, fenomena cacing keluar tanah malah dijadikan bisnis yang menguntungkan. Orang-orang menggunakan kombinasi  alat kayu dan logam untuk menimbulkan getaran dalam tanah (grunting). Adanya getaran menyebakan cacing tanah keluar dalam jumlah besar. Cacing-caing tersebut selanjutnya digunakan sebagai umpan untuk memancing ikan.

Cacing keluar tanah disebabkan oleh dengusan (grunting). Dengusan atau getaran yang berasal dari hujan bisa menyebabkan cacing keluar dari dalam tanah. Dari beberapa hasil penelitian, getaran yang menyebabkan cacing keluar dari dalam tanah disebabkan paparan gelombang suara di dalam tanah yang memiliki frekwensi dibawah 500 Hz.

Memanen cacing tanah dengan praktik yang disebut ‘cacing mendengus’ adalah bisnis yang tersebar luas dan menguntungkan di Amerika Serikat bagian tenggara. Meskipun berbagai teknik digunakan, sebagian besar melibatkan goresan kayu secara ritmis yang ditanam ke dalam tanah, dengan benda logam datar. Asumsi umum adalah bahwa getaran menyebabkan cacing muncul ke permukaan.

Cacing tanah Diplocardia muncul dari tanah dalam beberapa menit setelah timbulnya dengkuran. Saat batang kayu digossok oleh batangan logam, getaran frekuensi rendah (di bawah 500 Hz) berdenyut di dalam tanah di seluruh area di mana cacing akan dipanen.

Di dekat alat yang digosok, jumlah cacing yang muncul banyak. Jumlah cacing menurun ketika sinyal seismik melemah karena jarak yang makin jauh. Temuan ini dibahas dalam kaitannya dengan dua hipotesis: bahwa cacing muncul ke permukaan sebagai respons terhadap getaran yang disebabkan oleh hujan yang turun.

Dari uraian di atas, penjelasan fenomena cacing tanah keluar di Solo sudah clear.

Fenomena cacing tanah keluar di Solo bisa disebabkan oleh hujan yang memang bergemuruh di tempat tersebut. Atau karena adanya getaran seismik lokal yang tercipta karena gesekan antara kayu terbenam dan logam.