Setelah semua emas larut, proses selanjutnya adalah menetralkan sisa-sisa gas NOCl dan Cl2.

Pemurnian Emas Menggunakan Aqua Regia 5 merupakan lanjutan dari halaman “Pemurnian Emas Menggunakan Aqua Regia 4”.

III.3.3. Penetralan sisa-sisa oksidator (sisa-sisa gas NOCl, dan sisa larutan HNO3) menggunakan urea.

Air yang mengandung ion emas disebut secara ilmiah “tertra kloro aurate”. Larutan ini tak hanya mengandung ion emas klorida, namun masih juga menyisakan sebagian gas NOCl dan larutan HNO3 yang belum bereaksi. Larutan HNO3 yang belum bereaksi umumnya bisa menimbulkan kesulitan dalam proses pengendapan emas. Oleh karena itu sisa-sisa larutan ini perlu diurai menggunakan urea.

Urea bereaksi dengan larutan terta kloro aurat secara endotermik, dimana reaksi menyebabkan larutan menjadi dingin. Saat anda memasukkan urea ke dalam larutan, suhu larutan menurun dari titik awalnya. Agar reaksi berlangsung cepat, dibutuhkan pengadukan selama proses pencampuran tersebut.

Lakukan penambahan urea secukupnya (sebaiknya jangan kurang) hingga larutan menjadi dingin. Setelah reaksi, diamkan larutan emas selama 30 menit.

III.3.4. Pengujian  Kemungkinan Adanya Ikutan Platina di Dalam Larutan Emas

Ada kemungkinan emas yang dilarutkan menggunakan aqua regia mengandung sedikit logam platina. Kandungan platina bisa menyebabkan ketidakmurnian emas, dan menampilkan warna emas yang kuning pucat.

Untuk menguji adanya kemungkinan emas yang dilarutkan mengandung platina, perlu dilakukan pengujian kandungan platina menggunakan larutan ammonium klorida (NH4Cl). Masukkan sedikit tepung NH4Cl ke dalam larutan emas yang telah selesai dari peroses pencampuran dengan urea, aduk beberapa saat. Jika setelah pengadukan ditemukan adanya endapan berwarna kuning telur, dipastikan larutan emas juga mengandung ion platina.

Jika larutan mengandung platina, lakukan pemasukan tepung NH4Cl bertahap, hingga pada akhirnya pembentukan endapan kuning telor yang baru terhenti (cairan tetap bening meskipun diberi amonium klorida yang baru secara berlebihan). Saring endapan kuning ini, bilas endapan menggunakan air tawar di atas saringan kertas.

Namun jika pada saat pengujian awal adanya kemungkinan platina tak menimbulkan endapan kuning, maka proses pengendapan emas sudah bisa dilakukan.

Halaman sebelumnya :

Pemurnian Emas Menggunakan Aqua Regia

Pemurnian Emas Menggunakan Aqua Regia 2

Pemurnian Emas Menggunakan Aqua Regia 3

Pemurnian Emas Menggunakan Aqua Regia 4

Untuk melanjutkan dari “Pemurnian Emas Menggunakan Aqua Regia 5”, klik di bawah ini :

Pemurnian Emas Menggunakan Aqua Regia 6

Pemurnian Emas Menggunakan Aqua Regia 7