Peleburan debu logam emas harus dilakukan secara hati-hati. Suhu yang terlalu tinggi bisa menyebabkan penyusutan berat logam emas.

Pemurnian Emas Menggunakan Aqua Regia 7 adalah halaman lanjutan dari “Pemurnian Emas Menggunakan Aqua Regia 6”.

III.3.5.3. Pengendapan Emas Menggunakan Larutan Sodium Metabisulfite

Di pasaran, sodium metabisulfit sering disebut dengan singkatan SMB. Proses pengendapan menggunakan sodium metabisulfite pada dasarnya sama dengan proses III.3.5.2.

Namun  perbedaannya, emas yang mengendap kemungkinan juga bisa mengandung logam perak yang berasal dari ion kompleks Ag(Cl2). Proses pengendapan menggunakan sodium metabisulfite bisa dilakukan menggunakan contoh pengendapan menggunakan fero sulfat.

III.4. Peleburan Emas

Lumpur emas yang telah mengering siap dilebur menggunakan  burner gas.

  1. Langkah awal adalah menempatkan lumpur kering ke dalam kowi.
  2. Campur lumpur dengan borax secukupnya, dan tutupi bagian atas lumpur dengan borax.
  3. Bakar lumpur dengan burner gas, lakukan dahulu secara perlahan. Saat lumpur dan boraks mulai cair (meleleh), api bisa lebih dipanaskan hingga semua butiran emas mengumpul menjadi satu.
  4. Jika saat butiran emas telah menyatu namun terdapat titik merah di bagian atas butiran logam cair tersebut, dapat dikatakan bahwa proses pemurnian tak berjalan sempurna. Terhadap keadaan ini, tambahkan borax ke atas cairan logam emas sedikit demi sedikit (sambil tetap dibakar), hingga cairan emas menjadi mengkilap semuanya (tanpa noda merah di atasnya).
  5. Hentikan pembakaran, dinginkan selama 30 menit.
  6. Ambil bullion emas dari kowi menggunakan pinset. Proses yang berlangsung sempurna menghasilkan logam emas yang kuning mengkilap.
  7. Pukul logam emas menggunakan palu di atas lempengan besi datar, agar semua sisa boraks yang menempel lepas dari permukaan logam emas.
  8. Jika masih tersisa sedikit boraks yang menempel, rendam bullion emas dalam mangkok plastik yang berisi soda api cair. Lakukan proses ini selama 30 menit.

Dengan berakhirnya halaman “Pemurnian Emas Menggunakan Aqua Regia 7” ini, maka ebook gratis “Pemurnian Emas Menggunakan Aqua Regia” telah selesai.

Untuk versi Ebook PDF yang lebih lengkap dan rinci, silakan klik disini.

 

Untuk kembali ke halaman sebelumnya, klik di bawah ini :

Pemurnian Emas Menggunakan Aqua Regia

Pemurnian Emas Menggunakan Aqua Regia 2

Pemurnian Emas Menggunakan Aqua Regia 3

Pemurnian Emas Menggunakan Aqua Regia 4

Pemurnian Emas Menggunakan Aqua Regia 5

Pemurnian Emas Menggunakan Aqua Regia 6

Baca juga : EbookPemurnian Emas Menggunakan Asam Nitrat“.