Setelah proses penyaringan lumpur emas selesai, proses terakhir adalah peleburan lumpur emas menggunakan kowi atau crushibel.

Pemurnian Emas Menggunakan Asam Nitrat 7 adalah lanjutan dari “Pemurnian Emas Menggunakan Asam Nitrat 6“.

Peleburan logam emas yang merupakan bagian dari halaman “pemurnian emas menggunakan asam nitrat 7” dijelaskan pada bagian di bawah ini.

II.4.3. Proses Peleburan Emas.

Lumpur coklat yang tertahan di kertas saring adalah butiran-butiran emas halus, yang secara kasat mata terlihat berwarna coklat. Untuk memperoleh bullion emas, lumpur hasil dari pemurnian emas ini harus dilebur menggunakan api atau listrik pada suhu 1081 0C. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Masukkan semua lumpur (beserta kertas saringnya) ke dalam kowi/crushible tahan panas tinggi, yang terbuat dari tanah atau porselen. Kowi atau crushible ini bisa diperoleh di toko-toko emas atau di tempat-tempat perajin emas.

2. Setelah lumpur masuk, taburkan borax di atasnya, hingga semua lumpur tertutup borax. Biarkan sesaat hingga cairan sisa di kowi menjadi kering.

3. Bakar lumpur menggunakan api burner hingga semua lumpur menjadi kumpulan logam cair. Pada saat cair, semua logam berkumpul menjadi 1, membentuk cairan emas yang bulat.

4. Jika pada saat cair terdapat bintik-bintik merah di atas cairan logam, dapat dikatakan proses pemurnian emas menggunakan asam nitrat belum dilakukan sempurna. Terhadap keadaan ini, tambahkan borax sedikit demi sedikit ke atas cairan, sembari pemanasan menggunakan burner terus berlangsung. Jika cairan logam telah bersih dari titik-titik merah, pembakaran dihentikan.

5. Biarkan kowi menjadi dingin selama sekitar 30 menit. Pada proses ini, cairan emas membeku menjadi logam emas, yang secara cepat mengalami perubahan warna dari putih perak (saat mencair) menjadi kuning emas.

6. Ambil bullion emas dari kowi menggunakan pinset stainless.

7. Jika bullion emas terlapis borax, masukkan bullion ke dalam wadah plastik, kasih di atasnya bahan kimia soda api / caustic soda (NaOH), tambah sedikit air hingga bullion tergenang. Biarkan proses ini sekitar 30 menit.

8. Cuci bullion emas menggunakan air biasa. Hasil dari proses ini diperoleh bullion emas dengan kemurnian maksimum 99%.

Pemurnian emas menggunakan asam nitrat hanya mampu memurnikan emas hingga 99%, artinya masih ada 1% logam lain dalam bullion emas.

Versi PDF (lengkap), klik disini

Ke halaman sebelumnya :

Pemurnian emas menggunakan asam nitrat

Pemurnian Emas Menggunakan Asam Nitrat 2

Pemurnian Emas Menggunakan Asam Nitrat 3

Pemurnian Emas Menggunakan Asam Nitrat 4

Pemurnian Emas Menggunakan Asam Nitrat 5

Pemurnian Emas Menggunakan Asam Nitrat 6

Untuk melanjutkan ke halaman 8, klik disini.