Pemurnian emas menggunakan elektrolisa merupakan sistem pemurnian emas yang menghasilkan logam emas dengan tingkat kemurnian tertinggi. Kemurnian emas yang bisa dihasilkan menggunakan elektrolisa bahkan bisa mencapai 99,999%. Elekrolisis adalah reaksi kimia yang terjadi secara terpaksa, dimana reaksi ini terjadi akibat adanya aliran arus listrik searah yang mengalir dari elektroda positif ke elektroda negatif di dalam media elektrolit.

Elektrolisis logam emas dilakukan dengan berbagai tujuan, diantaranya untuk pemurnian logam. Tak hanya pemurnian, elektrolisis juga ditujukan untuk proses pelapisan logam (penyepuhan).

Emas bisa dipisahkan dari paduannya menggunakan reaksi elektrolisis, dimana kadar emas yang diperoleh dari hasil reaksi ini memiliki kualitas yang tertinggi dibanding metode pemurnian emas lainnya. Emas berkadar 99,999% tak mungkin diperoleh dari proses pemurnian emas menggunakan aqua regia atau pun pemurnian emas yang dilakukan menggunakan asam nitrat.

Proses pemurnian emas menggunakan elektrolisis memakai peralatan yang relatif berbeda dibanding peralatan-peralatan pemurnian emas metode lainnya. Bahan-bahan kimia yang digunakan juga sebagian besar berbeda. Ada 2 metode yang digunakan untuk pemurnian emas menggunakan elektrolisa. Pada halaman-halaman setelah ini 2 metode tersebut akan dibahas dan diterapkan dalam bentuk tutorial khusus.

Bagian sebelumnya klik link di bawah ini :

Pemurnian Emas Menggunakan Asam Nitrat

Pemurnian Emas Menggunakan Aqua Regia Untuk melanjutkan ke halaman 2, klik di bawah ini : Halaman 2