Pengolahan emas menggunakan sianida sulit dipisahkan dari ilmu kimia, disebabkan proses-proses yang dilakukan umumnya merupakan reaksi kimia.

Pengenalan kimia dasar ditempatkan dalam bab tersendiri pada ebook “Pengolahan Emas Menggunakan Sianida”. Agar proses pengolahan emas dapat dengan mudah dipahami, maka pengetahuan akan kimia dasar pun sebaiknya perlu dikuasai.

Ada beberapa hal yang harus dijelaskan dalam bagian ini dalam rangka menunjang pemahaman terhadap proses ekstraksi sistem kimia.

Pengenalan kimia dasar selalu berhubungan dengan tabel periodik unsur kimia.

Pada gambar II.1., angka di bagian atas kanan suatu unsur adalah nomor atom unsur tersebut, angka pada bagian bawah kirinya adalah berat atom unsur tersebut. Contohnya, pada kolom I bagian atas, atom hidrogen (H) memiliki nomor atom 1 dan berat atom 1,01. Di bawahnya, atom lithium (Li) memiliki nomor atom 3 dan berat atom 6,94. Atom Natrium (Na) memiliki nomor atom 11 dan berat atom 22,99.

  Gambar II.1. Tabel Periodik Unsur Kimia

Nomor atom adalah juga jumlah elektron total dalam atom tersebut, sedangkan berat atom adalah jumlah berat elektron + berat proton + berat neutron dalam atom tersebut. Berat atom berbeda dengan berat jenis atom. Berat jenis atom adalah berat suatu atom dalam volume tertentu, dan memiliki satuan dalam gram/cm3, gram/ml, kg/liter, ton/m3, dan sebagainya.

Suatu molekul terdiri dari atom-atom, dan memiliki berat molekul. Berat molekul adalah jumlah total dari berat atom penyusunnya. Contoh:

Hitung berat molekul O2, H2O, HNO3, H2SO4.

Jawab :

Berat Atom (BA) ;

  • O = 15,99 ≈ 16
  • H = 1,01 ≈ 1
  • N = 14,01 ≈ 14
  • S = 32,07 ≈ 32

Berat molekul O2 (BM O2) = 2 x BA O2 = 2 x 16 = 32

BM H2O = 2 x H + O = 2 + 16 = 18

BM HNO3 = H + N + 3 x O = 1 + 14 + 3 x 16 = 63

BM H2SO4 = 2 x H + S + 4 x O = 2 + 32 + 64 = 98

II.2. Struktur Atom dan Senyawa

Atom.

Atom adalah satuan terkecil dari partikel unsur. Atom tersusun dari gabungan proton, neutron, dan elektron. Proton dan neutron merupakan inti dari atom, sedangkan elektron adalah bagian yang mengelilingi inti.

Atom juga merupakan satuan terkecil yang tak dapat diuraikan lagi dari suatu unsur dan masih mempertahankan sifat-sifat dasarnya, terbentuk dari inti yang rapat dan bermuatan positif dikelilingi oleh suatu sistem electron yang bermuatan negatif. Nomor atom menunjukkan jumlah elektron yang terkandung dalam atom, berat atom adalah jumlah proton dan neutron dalam atom tersebut. Atom emas memiliki lambang Au, perak Ag, tembaga Cu, dan sebagainya.

Molekul dan Senyawa

Molekul merupakan bagian terkecil dari suatu senyawa kimia yang masih mempertahankan sifat kimia yang spesifik. Suatu molekul terdiri dari dua atau lebih atom yang terikat satu sama lain. Jika suatu senyawa disusun oleh satu atau beberapa unsur, maka molekul tersusun dari satu atau beberapa atom.

Untuk senyawa yang disusun oleh satu jenis unsur disebut sebagai molekul unsur ; H2, O2, Cl2, dsb. Sedangkan senyawa yang terdiri dari beberapa jenis unsur, bagian terkecilnya disebut dengan molekul senyawa, antara lain H2O, CO2, NO2.

Senyawa adalah suatu jenis zat yang terbentuk dari satu atau lebih molekul-molekul.

Contoh dari senyawa antara lain H2SO4, H2O, Na2S2O5, dan sebagainya.

Kembali ke halaman 1

Halaman selanjutnya