Pengolahan Limbah Elektronik 4 merupakan lanjutan dari “Pengolahan Limbah Elektronik 3”. Pengolahan logam tak dapat dipisahkan dari ilmu kimia, disebabkan proses-proses yang dilakukan umumnya merupakan reaksi kimia. Agar proses dapat dipahami, maka pengetahuan akan kimia dasar pun sebaiknya perlu untuk diketahui.

Ada beberapa hal yang harus dijelaskan dalam bagian ini dalam rangka menunjang pemahaman terhadap proses “Pengolahan Limbah Peralatan Elektronik” yang menggunakan berbagai reaksi kimia.

 

tabel periodik unsur kimia

Gambar II.1. Tabel Periodik Unsur Kimia

II.1. Tabel Periodik Unsur Kimia

Pada gambar II.1., angka di bagian atas kanan suatu unsur adalah nomor atom unsur tersebut, angka pada bagian bawah kirinya adalah berat atom unsur tersebut.

Contohnya, pada kolom I bagian atas, atom hidrogen (H) memiliki nomor atom 1 dan berat atom 1,01. Di bawahnya, atom lithium (Li) memiliki nomor atom 3 dan berat atom 6,94. Atom Natrium (Na) memiliki nomor atom 11 dan berat atom 22,99.

Nomor atom adalah juga jumlah elektron total dalam atom tersebut, sedangkan berat atom adalah jumlah berat elektron + berat proton + berat neutron dalam atom tersebut.

Berat atom berbeda dengan berat jenis atom. Berat jenis atom adalah berat suatu atom dalam volume tertentu, dan memiliki satuan dalam gram/cm3, gram/ml, kg/liter, ton/m3, dan sebagainya.

Misalnya Berat Atom (massa atom) emas (Au) adalah 197, namun berat jenis (massa jenis) emas adalah sebesar 19,3 gr/ml.

Ketiga satuan di atas sangat penting untuk diketahui, khususnya menyangkut praktek. Misalnya dalam menentukan jumlah pemakaian bahan kimia. Atau dalam rangka menghitung jumlah berat emas dari sampel peralatan elektronik yang akan diolah.

Penentuan jumlah pemakaian bahan kimia dan prediksi hasil logam-logam sebelum proses pengolahan limbah elektronik perlu diketahui sejak awal. Ini bertujuan untuk menentukan berapa biaya produksi, dan apakah proses pengolahan limbah masih menguntungkan atau justru rugi dengan biaya awal yang telah diprediksi.

Lanjutan dari “Pengolahan Limbah Elektronik 4”, silahkan klik link berikut :

Ke halaman 5