NaOH /Soda Api / Caustic Soda / Natrium Hidroksida

NaOH – Natium Hidroksida / Sodium Hidroksida (natrium hydroxide / sodium hydroxide) atau biasa disebut dengan istilah soda api atau caustic soda adalah senyawa bersifat basa anorganik (inorganic base compound). Bentuk kristalnya memiliki warna putih terang agak transparan, dibuat dalam bentuk flake, pellet, atau granular. Bentuk cairnya tak memiliki warna (bening transparan).

Soda api / caustic soda larut dalam air, ethanol, dan methanol. Soda api mudah mencair pada udara terbuka, karena memiliki sifat yang higroskopis, dan mampu menurunkan kelembaban udara, serta mengadsorbsi karbon dioksida (CO2) dari udara.
NaOH atau caustic soda digunakan secara luas di sektor industri dan rumah tangga. Pada industri, NaOH digunakan sebagai bahan kimia basa untuk kebutuhan pembuatan bubur kertas dan kertas, tekstil, air minum, proses pembuatan air aquadest dan aquabidest, sabun, deterjen, industri pembuatan kaca, industri metalurgi dan pengolahan hasil tambang mineral logam, industri percetakan, industri pengolahan rumput laut, dan sebagainya.

Sifat – Sifat

Sifat-Sifat Fisika

NaOH murni memiliki warna putih jernih, yang umumnya diproduksi dalam bentuk flake. Flake NaOH sangat mudah larut dan memiliki kelarutan yang tinggi dalam air, namun memiliki kelarutan yang lebih rendah dalam ethanol atau methanol.
Pada saat pencairan atau proses pelarutan NaOH ke dalam air, terjadi reaksi reaksi eksotermis yang banyak melepaskan / membebaskan kalor ke udara. Hasil pelarutan menampilkan larutan NaOH yang berwarna bening seperti warna air pelarutnya.

Sifat-Sifat Kimia dan Pemakaian NaOH

  • Sifat Asam dan Basa.

NaOH adalah senyawa basa yang terbentuk dari proses elektrolisa cairan garam NaCl. Pada proses elektrolisa, ion klor dari senyawa NaCl yang larut dalam air teroksidasi menjadi gas Cl2 pada kutub anoda, kation H+ dari air tereduksi menjadi gas H2 di kutub katoda, sehingga kation Na+ membentuk pasangan dengan anion OH dari air, membentuk senyawa NaOH di wadah elektrolisa.
Reaksi pembuatan NaOH merupakan reaksi pemaksapisahan, yang terjadi karena masuknya kalor (panas) dari lingkungan ke sistem, sehingga kristal atau larutan NaOH yang terbentuk menyimpan panas laten. Reaksi ini sering diberi nama reaksi endotermis.

Ke halaman 2…