Teknik Pembuatan Garam Industri

Sejak tahun 2014, bestekin.com telah melakukan penelitian tentang pembuatan garam industri dari air laut. Banyaknya temuan baru yang dilakukan oleh bestekin.com (yang sebelumnya belum pernah dilakukan) membuat teknologi ini dinamakan teknologi “Garam Bestekin”. 

Ebook “Teknik Pembuatan garam Industri” “metode bestekin” terdiri dari 10 bab, yag dimulai dari Bab I dengan judul Pendahuluan. Ebook membahas cara pembuatan garam industri, yang dimulai dari persiapan lahan produksi dan diakhiri dengan analisa biaya produksi. Daftar Isi dari ebook “Teknik Pembuatan Garam Industri Metode Bestekin” tertera pada bagian bawah ini.

tumpukan hasil produksi garam
I. Pendahuluan. Bab ini mengupas secara umum kandungan dari air laut, senyawa-senyawa kimia ekonomis yang bisa didapatkan dari air laut, kegunaan dari garam, dan sangat pentingnya produksi dan konsumsi garam industri dalam industri dan kehidupan sehari-hari.

II. Persiapan Lahan Produksi. Bab ini membahas persiapan lahan untuk produksi garam industri. Lahan merupakan bagian terpenting dari proses produksi garam industri, oleh karena itu bab tentang persiapan lahan produksi garam dibahas setelah bab pendahuluan. Lahan produksi terdiri dari beberapa bagian atau seksi, antara lain ; lahan parkir untuk masuknya air laut, lahan untuk lokasi pemisahan dan pemurnian masing-masing senyawa kimia (termasuk garam NaCl), lahan penjemuran air garam, lahan untuk gudang penyimpanan sementara garam hasil produksi, dan beberapa seksi lahan untuk kegunaan lainnya. Persiapan lahan juga harus memasukkan komponen keekonomian lahan tersebut, letak yang harus strategis dan mudah terjangkau, dekat dengan sumber bahan baku air laut, tidak terlalu jauh dari konsumen (harus mempertimbangkan biaya transportasi dan infrastruktur), dan sebagainya.

III. Persiapan Peralatan Produksi. Peralatan produksi garam industri (garam bestekin) tentu tak sama dengan peralatan yang digunakan untuk pembuatan garam biasa (garam krusuk / garam kasar). Bab ini menerangkan berbagai peralatan yang digunakan untuk proses pembuatan garam industri “metode bestekin”, antara lain ; pompa pengisi kolam air baku, bak-bak pemisahan dan pemurnian air laut, pad liner (geo-membrane) untuk alas penjemuran, pipa-pipa untuk proses pengkabutan, alat penyaringan untuk pemisah suspensi dan koloid dari air laut, alat untuk pemanenan, dan sebagainya. Semua peralatan untuk memproduksi garam industri “metoda bestekin” dijelaskan pada bagian ini.

IV. Persiapan Kebutuhan Bahan Kimia. Garam Industri adalah garam NaCl yang memiliki kemurnian (kadar NaCl) di atas 97%. Proses pemurnian (purifikasi) sebagian besar dilakukan menggunakan proses kimia, namun ada juga proses tertentu yang dilakukan menggunakan fisika terapan. Ada beberapa bahan kimia utama, dan beberapa senyawa kimia tambahan. Pada bagian ini dijelaskan jenis-jenis bahan kimia tersebut, beserta tujuan pemakaiannya dalam proses pemurnian garam.

V. Proses Pemurnian Tahap I. Untuk memperoleh garam industri dengan kandungan NaCl minimum 97%, maka proses pemurnian air garam harus dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap I adalah pemurnian yang bertujuan memisahkan ion-ion logam berat dari air garam, pemisahan kation magnesium, anion sulfat, dan anion toksik lainnya (misalnya anion sianida). Bab ini juga mengajarkan pemisahan berbagai mikroorganisme dan koloid yang terkandung pada air garam (misalnya ganggang, bakteri, kuman, dan virus). Proses pemurnian tahap I ditutup dengan pemisahan kation kalsium (Ca2+) dari larutan jenuh air garam.

Ke halaman 2…