E-BOOK METALURGI

  • E-book Pengolahan Emas Menggunakan SianidaEbook ini mengulas cara ekstraksi bijih emas dari batuannya (gold ores), menggunakan sianida sebagai pelarut. Isi ebook mencakup proses pemilihan jenis batuan, pengujian kandungan emas dalam batuan, pembuatan peralatan pengolahan, proses liberalisasi dan prasianidasi, sianidasi, adsorbsi menggunakan activated carbon atau anion exchange resin, elusi dan regenerasi karbon aktif atau resin, peleburan emas, penanggulangan limbah cair, dan analisa biaya produksi.
  • E-book Pengolahan Emas Menggunakan Thiosulfate. Isi ebook terdiri dari pendahuluan, bahan-bahan kimia yang digunakan dalam proses thiosulfate beserta kegunaan dari masing-masing zat kimia yang dipakai, peralatan pengolahan, proses leaching menggunakan thiosulfate, adsorbsi menggunakan Macropore Anion Exchange Resin, elusi dan regenerasi resin, penetralan limbah cair, dan analisa biaya produksi.
  • E-book Pengolahan Emas Menggunakan Klorinasi. Gas klorin adalah oksidator yang paling cepat mengoksidasi dan melarutkan emas. Kecepatan pelarutan emas menggunakan gas klorin mencapai hingga 100 x laju pelarutan emas menggunakan sianida. Klorinasi biasanya digunakan dalam proses pengujian kandungan emas dalam batuan menggunakan metoda AAS dan ICP. Namun klorinasi juga bisa digunakan untuk proses produksi emas dari hasil penambangan.
  • E-book Pengolahan Emas Metode Penyiraman (Heap Leach). Untuk menekan komponen biaya pengolahan yang disebabkan rendahnya kandungan emas dalam batuan, maka teknik ekstraksi emas menggunakan metode penyiraman atau perendaman menjadi pilihan yang menarik untuk dilakukan. Teknik penyiraman atau perendaman (heap leach atau dump leach) banyak berkaitan dengan impermeabelitas dan kemampuan penetrasi pelarut ke dalam pori-pori batuan emas. Keberhasilan pengolahan ditentukan oleh tingginya persentase perolehan emas terhadap jumlah kandungan emas dalam batuan yang di olah. Pengolahan dikatakan berhasil jika persentase keberhasilan ekstraksi mencapai minimum 60% atau lebih. Agar diperoleh keberhasilan, dibutuhkan beberapa rekayasa teknik, yang dijelaskan secara rinci pada ebook “Pengolahan Emas Metode Penyiraman”.
  • E-book Teknik Pembuatan Karbon AktifKarbon aktif banyak digunakan pada industri pengolahan mineral emas, khususnya pada proses adsorbsi emas dari larutan sianida nya. Karbon aktif banyak dibuat menggunakan tempurung kelapa sebagai bahan baku. Ebook “Teknik Pembuatan Karbon Aktif” mengajarkan cara membuat karbon aktif berbiaya murah dan investasi yang rendah.
  • E-book Teknik FlotasiTeknik flotasi didasarkan pada sifat dasar logam yang tak suka pada air, dan sifat dasar unsur kimia non logam yang suka air. Dari sifat dasar inilah dikembangkan metoda ekstraksi mineral logam dari batuan. Flotasi bertujuan membuat konsentrat logam yang berasal dari batuan (batuan dengan kadar logam rendah dinaikkan menjadi konsentrat dengan kadar logam yang meningkat tajam). E-book Teknik Flotasi disusun secara lengkap, sehingga bisa dipakai sebagai acuan dalam proses pengolahan mineral logam menggunakan metoda flotasi.

Ke halaman 2…