Pengolahan Limbah Elektronik 13

Pengolahan Limbah Elektronik 13 adalah halaman 13 dari seri Pengolahan Limbah Elektronik. Untuk melihat halaman sebelumnya, Anda bisa mengklik link ini.

Pada pencampuran antara larutan tembaga sulfat CuSO4 dan zinc sulfida ZnS (endapan), terjadi reaksi substitusi antara kation Cu2+ dan Zn2+.

Ini terjadi dikarenakan anion belerang S2- lebih lemah daripada anion SO42-, dan kation tembaga Cu2+ lebih lemah daripada kation seng Zn2+.

CuSO4 (l) + ZnS (s) ======> CuS (s) + ZnSO4 (l)

Reaksi tetrakloroaurat H[Au(Cl)4] dan logam tembaga :

2  H[Au(Cl)4] (l) + Cu (s)      ====>    2 AuCl3  (s)   +   CuCl2 (l)   +   H2 (g)     …………..(1)

2  AuCl3 (s)  + 3 Cu (s)    =====>   2 Au (s) +3 CuCl2 (l)                                              …………(2)

_________________________________________________+

2 H[Au(Cl)4] (l)  +  4 Cu (s)   ======>  2 Au (s)   +  4 CuCl2 (l)+  H2 (g)

Reaksi di atas dapat juga ditulis sebagai :

2 H+  + 2 AuCl3  + 2 Cl  + Cu =====> 2 AuCl3  + Cu2+  + 2 Cl  + H2           …….(1)

Pada reaksi di atas, garam kompleks H[Au(Cl)4] tereduksi menjadi senyawa AuCl3 akibat kehadiran logam tembaga pada larutan. Adanya kelebihan logam tembaga dalam larutan mengakibatkan senyawa AuCl3 tereduksi menjadi logam emas, dan tembaga menjadi kation tembaga Cu2+ yang larut (2).

2    Au3+  + 3 Cl   +  3 Cu       =====>      2 Au  +  3 Cu2+  +   2 Cl–    ……….(2)

Dalam pengolahan limbah elektronik, persamaan-persamaan reaksi di atas menjadi penting untuk diketahui. Misalnya Anda ingin melarutkan tembaga menggunakan asam sulfat, sementara di antara logam yang akan dilarutkan terdapat logam zinc dan besi. Tentu pada akhirnya logam yang terlarut adalah zinc, diikuti oleh besi (jika masih tersisa larutan asam sulfat di dalam wadah), dan terakhir tembaga.

Dalam kasus 3 logam di atas, jika diantaranya terdapat paduan (misalnya paduan tembaga dan zinc dalam logam kuningan, maka pelarutan menggunakan asam sulfat terlebih dahulu akan melarutkan logam zinc. Ini sama saja dengan perlindungan katodik, yang sering dipakai di kapal-kapal laut yang terbuat dari besi.

Halaman 14