Pemurnian Emas Menggunakan Aqua Regia 6

Pemurnian Emas Menggunakan Aqua Regia 6 adalah lanjutan dari link “Pemurnian Emas Menggunakan Aqua Regia 5”.

III.3.5. Pengendapan Emas

Pengendapan emas dari larutannya adalah reaksi kimia redoks, dimana larutan yang digunakan bersifat reduktor, yang mereduksi ion emas menjadi logamnya. Ada 2 jenis pengendap emas yang sering digunakan untuk mengendapkan logam emas dari larutan emas tetra kloro aurat ; larutan besi II, dan larutan sodium metabisulfite.

Larutan besi II adalah larutan ion besi II (Fe2+) dengan anion lain (seperti Cl dan SO42-). Dalam bentuk kristalnya, besi II bisa berupa kristal FeSO4 (fero sulfat) atau FeCl2 (fero klorida). Namun di pasaran, kita lebih mudah menemukan kristal FeSO4 daripada FeCl2.

III.3.5.1. Pengujian Kecukupan Urea

Apakah pemberian urea untuk menetralisasi kelebihan ion nitrat telah cukup? Untuk mengujinya ialah dengan memasukkan larutan FeSO4 ke dalam larutan emas. Jika setelah kristal FeSO4 dimasukkan ke dalam larutan emas terbentuk endapan coklat yang tak terlarut lagi (kuantitas endapan tetap), maka dapat dikatakan bahwa proses netralisasi HNO3 dianggap telah sempurna.

Namun jika pengadukan menghasilkan endapan coklat yang kemudian larut kembali (atau berkurang jumlahnya), dapat dipastikan pemasukan urea perlu dilakukan kembali.

III.3.5.2. Pengendapan Emas Menggunakan Larutan Besi II

Setelah proses III.3.5.1. selesai dilakukan, selanjutnya kita melangkah ke proses pengendapan emas menggunakan zat pengendap larutan ferro sulfat (FeSO4).

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Larutkan garam FeSO4 ke dalam air tawar secukupnya.
  2. Masukkan larutan FeSO4 ke dalam larutan emas, aduk perlahan, dan biarkan sejenak. Jika larutan memang mengandung emas, akan terbentuk endapan berwarna coklat kekuningan saat dilakukannya proses pengadukan.
  3. Tambahkan larutan FeSO4 secara bertahap, diamkan kembali, demikian seterusnya.
  4. Proses penambahan dihentikan setelah tak terbentuknya endapan baru.
  5. Saring endapan lumpur coklat di atas kertas saring, bilas dengan air tawar secukupnya. Endapan lumpur coklat yang tertahan di atas kertas saring adalah emas hasil pemurnian menggunakan aqua regia.

Lanjutan dari “Pemurnian Emas Menggunakan Aqua Regia 6 bisa Anda klik di link bawah ini.

Halaman 7…