Video Pengujian Kandungan Merkuri Pada Batuan Cinnabar

Video Pengujian Kandungan Merkuri Pada Sampel (Batuan atau Tanah)

Video Pengujian Kandungan Merkuri Pada Batuan Cinnabar berisi petunjuk praktek pengujian kadar merkuri pada cinnabar, yang dilakukan menggunakan reagen sodium sulfida.

Cinnabar (sinabar) adalah batuan yang sebagian besar kandungannya berupa senyawa logam merkuri / air raksa. Pada cinnabar, unsur kimia merkuri berikatan dengan belerang, membentuk senyawa merkuri II sulfida. Ekstraksi merkuri dari cinnabar secara tradisional biasanya menggunakan pemanasan untuk menyuling merkuri. Namun cara tradisional tidak mampu menyuling semua isi merkuri, melainkan hanya mampu menyuling sekitar 90% saja dari isi merkuri dalam batuan.

Sebagaimana yang telah dijelaskan pada link “Pengujian Kadar Merkuri Pada Cinnabar“, pada material yang (kemungkinan) memiliki kadar merkuri rendah dan sangat rendah, cara pengujian secara tradisional dipastikan gagal dan tak bisa diterapkan.

Pengujian kandungan merkuri pada cinnabar yang dilakukan menggunakan reagen sodium sulfida (Na2S) mampu menampilkan hasil yang sangat akurat, bahkan pada batuan yang memiliki kadar merkuri rendah (Hg > 10 ppm). Pengujian menggunakan sodium sulfida mampu menguji kadar merkuri pada cinnabar yang memiliki kandungan merkuri minimum 10 gram per ton, hingga kandungan Hg di atas 70%.

Video Pengujian Kandungan Merkuri menjelaskan bagaimana cara pengujian kandungan merkuri dalam material yang diduga mengandung merkuri, dengan metode yang paling mudah dan akurat. Proses pengujian dalam video ini dilakukan menggunakan reagen sodium sulfida (Na2S) dan beberapa bahan kimia lainnya.

Isi video tutorial meliputi :

  1. Penghalusan raw material (bahan baku) yang diduga mengandung raksa.
  2. Penimbangan material yang akan diuji.
  3. Penyiapan bahan-bahan kimia dan peralatan-peralatan pengujian.
  4. Proses ekstraksi merkuri dari padatan menggunakan reaksi kimia.
  5. Penyaringan larutan kompleks merkuri (untuk memisahkan dari padatan).
  6. Reduksi ion merkuri terlarut menggunakan reduktor, yang menghasilkan logam merkuri.
  7. Pemurnian logam merkuri yang dihasilkan.
  8. Penimbangan hasil logam merkuri dan dibagi dengan hasil penimbangan bahan baku (2). Hasilnya merupakan nilai persentase logam merkuri dalam batuan sampel yang sedang diuji.

Dalam praktek, lama proses pengujian kadar logam merkuri dalam cinnabar diperkirakan sekitar 20 jam, dimana proses ini mampu mengekstrak lebih dari 99% dari total kandungan merkuri di dalam sampel.

Video Pengujian Kandungan Merkuri Pada Batuan Cinnabar

Untuk mengetahui dasar teori dari video di atas, anda bisa mendapatkannya dengan mengklik link ini.